ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN MEDIA AUGMENTED REALITY DALAM PEMBELAJARAN RENANG BAGI SISWA SD

  • Vera Septi Sistiasih Universitas Negeri Semarang
  • Sri Sumartiningsih Universitas Negeri Semarang
  • Hadi Universitas Negeri Semarang
  • Satrio Sakti Rumpoko Universitas Tunas Pembangunan Surakarta (UTP)
  • Muchhamad Sholeh Universitas Tunas Pembangunan Surakarta (UTP)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan pengembangan media Augmented Reality (AR) dalam pembelajaran renang bagi siswa sekolah dasar. Penelitian menggunakan metode survei dengan melibatkan 60 siswa kelas III dan IV di SD Muhammadiyah Alam Surya Mentari Surakarta pada bulan Januari 2025. Instrumen penelitian berupa angket kebutuhan media pembelajaran yang mencakup aspek pemahaman konsep, kemudahan penggunaan, motivasi belajar, keamanan, dan kesiapan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa memiliki minat dan kebutuhan yang tinggi terhadap penggunaan media AR dalam pembelajaran renang, dengan skor rata-rata pemahaman materi sebesar 3,95 dan tingkat kepuasan siswa 4,05 dalam kategori tinggi. AR juga terbukti meningkatkan motivasi belajar dengan skor 4,20 dalam kategori sangat tinggi. Namun, aspek kemudahan penggunaan dan keamanan masih memerlukan perhatian, masing-masing dengan skor 3,75 dan 3,40. Selain itu, kesiapan guru dalam mengoperasikan AR memperoleh skor rata-rata 3,30, sehingga diperlukan pelatihan dan pendampingan sebelum implementasi. Secara keseluruhan, media AR memiliki potensi besar untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran renang pada siswa sekolah dasar, terutama dalam membantu memahami teknik gerakan dasar secara visual dan interaktif.

Published
2025-11-16
How to Cite
Vera Septi Sistiasih, Sri Sumartiningsih, Hadi, Satrio Sakti Rumpoko, & Muchhamad Sholeh. (2025). ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN MEDIA AUGMENTED REALITY DALAM PEMBELAJARAN RENANG BAGI SISWA SD. Jurnal Ilmiah Spirit, 26(1), 286-290. https://doi.org/10.36728/jis.v26i1.5814

Most read articles by the same author(s)