PENGARUH BIMBINGAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA FASE C SD NEGERI BOROREJO SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2023/2024

  • Silvia Winny Arantika Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Ninda Beny Asfuri Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Rika Yuni Ambarsari Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Luncana Faridhoh Sasmito Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Harbono Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Slamet Santoso Universitas Tunas Pembangunan Surakarta

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh bimbingan orang tua terhadap motivasi belajar siswa fase C di Sekolah Dasar Negeri Bororejo Surakarta, dan (2) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh bimbingan orang tua terhadap motivasi belajar siswa fase C di Sekolah Dasar Negeri Bororejo Surakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Sampel dari penelitian ini berjumlah 43 siswa. Data diperoleh melalui observasi, angket, dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) ada pengaruh antara bimbingan orang tua terhadap motivasi belajar dengan hasil penelitian diperoleh 0,000 < 0,05, sedangkan Thitung 4.424 > 1.683 Ttabel sehingga Ha diterima Ho ditolak. (2) Presentase bimbingan orang tua terhadap motivasi belajar siswa Fase C yaitu sebesar 32,3%. Hal ini menunjukan bahwa 32,3% dipengaruhi oleh bimbingan orang tua, sedangkan 67,8 dipengaruhi oleh faktor diluar penelitian ini.

References

Ainun, N., Husni, M., & Lestarini, Y. (2021). Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar Belajar Dimasa Pandemi Covid-19. (Jipd) Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 5(2), 141–147.

Aprilia, L. A., Slameto, S., & Radia, E. H. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Ppkn Melalui Model Pembelajaran Numbered Heads Together (Nht) Berbasis Kurikulum 2013. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 2(1), 85. Https://Doi.Org/10.30738/Wa.V2i1.2530

Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian Suatu Pengantar Pendekatan

Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Habibi, M. (2009). Motivasi Belajar Siswa,. : G 000060086 Fakultas Agama Islam.

Hamalik, O. (2015). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Octariani, O. (2023). Konsep Hierarchy Of Needs Abraham Maslow Ditinjau Dari Filsafat Akhlak. Skripsi, 284. Http://Repository.Uin-Suska.Ac.Id/75523/

Rahmadani, D., Yusri, F., & Rahmadia, E. (2024). Dampak P5P2RA Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X MAN 1 Solok Plus Keterampilan. Journal Innovation in Educating, 2(1), 105–114.

Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7174–7187. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V6i4.3431

Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Merdeka Belajar dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0, November, 289–302.

Rifa’i, A., & Anni, T.C. (2015). Psikologi Pendidikan. Semarang: Unnes Press

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Yasa, G.S. (2014). Bimbingan Belajar. Yogyakarta : Graha Ilmu

Published
2024-07-30