PELATIHAN BRANDING DI SMK MA'ARIF 1 KRETEK BANTUL

  • Wiwid Adiyanto Universitas Amikom Yogyakarta
  • Testymona Gifta Setiawan Universitas Amikom Yogyakarta
  • Amelia Nuriani Universitas Amikom Yogyakarta
  • Naufal Daffa Saputra Universitas Amikom Yogyakarta
  • Durrotun Nafisah Universitas Amikom Yogyakarta

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat ini fokus pada program pengembangan pengetahuan tentang branding di SMK Ma'arif 1 Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. SMK Ma'arif 1 Kretek memiliki potensi unggul dalam bidang otomotif dan tata busana. Permasalahannya terletak pada belum dimaksimalkannya branding sekolah di media digital. Kegiatan pengabdian ini dilakukan dengan cara menyelenggarakan pelatihan dan pembuatan video profile sekolah yang melibatkan pihak internal SMK Ma'arif 1 Kretek, mulai dari guru, staf, hingga siswa-siswinya. Pelatihan yang dilakukan mengusung tema Brand New Day: Melangkah Menuju Era Digital. Program kegiatan ini dilakukan dalam tiga tahap. Perama, pra pelaksanaan yang mencakup observasi, wawancara, perumusan masalah, dan persamaan persepsi. Tahap kedua, pelaksanaan yang mencakup pelatihan branding melalui media digital dan pembuatan video profile sekolah. Tahap ketiga, evaluasi yang mencakup tinjauan ulang dari kegiatan yang diselenggarakan. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan adanya peningkatan pemahaman terkait branding dari peserta. Hal itu bisa menjadi titik masuk untuk pengembangan branding yang berkelanjutan.

References

Awaluddin, A. I., Baskara, B. S., Abdullah Zein, A., Danuwijaya, C., & Wasliman, L. (2022). Workshop School Branding dan Inovasi Sekolah Digital. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 3(2), 654–659. https://doi.org/10.55338/jpkmn.v3i2.412

Azizah, Y., & Halwati, U. (2023). Strategi Branding Sekolah Dalam Meningkatkan Awereness Masyarakat. Dirasah?: Jurnal Studi Ilmu Dan Manajemen Pendidikan Islam, 6(2), 250–257. https://doi.org/10.58401/dirasah.v6i2.899

Effendi, D., & Wahidy, A. (2019). Pemanfaatan Teknologi Dalam Proses Pembelajaran Menuju Pembelajaran ABAD 21. Seminar Pendidikan Nasional.

Faizah, N. A., Salsabila, A. D., Asyifa, N., & Kusumaningrum, H. (2024). Branding Sekolah: Pendekatan Manajemen Pemasaran di Era Kompetitif. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Kearifan Lokal (JIPKL), 4(6), 827–842.

Febrianti, S., Utama, H. B., Hayati, N., Setiawati, M., Adi, N., & Sulastri, S. (2025). Pelatihan pengelolaan media digital website untuk membangun branding sekolah pada SMA Bukit Barisan Kota Padang. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 9(2), 274 – 282. https://doi.org/10.31764/jpmb.v9i2.29179

Juju, D., & Sulianta, F. (2013). Branding Promotion With Social Networks. Elex Media Komputindo.

Mujib, F., & Saptiningsih, T. (2021). School Branding: Strategi di Era Disruptif. Bumi Aksara.

Pondrinal, M., Suardi, M., & Tedy, T. (2022). Optimalisasi Promosi Kampung Manggis Secara Digital Sebagai Potensi Agrowisata di Kota Padang. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(5), 1406–1412. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i5.10856

Suyatno, Jumintono, Pambudi, D. I., Mardati, A., & Wantini. (2019). Strategy of Values Education in the Indonesian Education System. International Journal of Instruction, 12(1), 607–624. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12139a

Syafitri, W., & Costaner, L. (2019). Pelatihan Branding Sekolah Pada Sosial Media di SMP IT Madani. Dinamisia?: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 158–166. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v3i1.2804

Syukri, M., & Said, S. (2024). Studi Kasus Sekolah-Sekolah Bertaraf (Branding): Terpadu, Program Khusus. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(1), 6361–6371. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i1.7791

Wahyunto, M., Hidayati, D., & Sukirman, S. (2024). Strategi branding Sekolah di era digital dalam meningkatkan animo masyarakat melalui pemanfaatan digital marketing. Academy of Education Journal, 15(2), 1260–1271. https://doi.org/10.47200/aoej.v15i2.2419

Published
2025-06-15
Section
Articles