PELATIHAN BRANDING DI SMK MA'ARIF 1 KRETEK BANTUL
Abstrak
Pengabdian kepada masyarakat ini fokus pada program pengembangan pengetahuan tentang branding di SMK Ma'arif 1 Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. SMK Ma'arif 1 Kretek memiliki potensi unggul dalam bidang otomotif dan tata busana. Permasalahannya terletak pada belum dimaksimalkannya branding sekolah di media digital. Kegiatan pengabdian ini dilakukan dengan cara menyelenggarakan pelatihan dan pembuatan video profile sekolah yang melibatkan pihak internal SMK Ma'arif 1 Kretek, mulai dari guru, staf, hingga siswa-siswinya. Pelatihan yang dilakukan mengusung tema Brand New Day: Melangkah Menuju Era Digital. Program kegiatan ini dilakukan dalam tiga tahap. Perama, pra pelaksanaan yang mencakup observasi, wawancara, perumusan masalah, dan persamaan persepsi. Tahap kedua, pelaksanaan yang mencakup pelatihan branding melalui media digital dan pembuatan video profile sekolah. Tahap ketiga, evaluasi yang mencakup tinjauan ulang dari kegiatan yang diselenggarakan. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan adanya peningkatan pemahaman terkait branding dari peserta. Hal itu bisa menjadi titik masuk untuk pengembangan branding yang berkelanjutan.
Referensi
Awaluddin, A. I., Baskara, B. S., Abdullah Zein, A., Danuwijaya, C., & Wasliman, L. (2022). Workshop School Branding dan Inovasi Sekolah Digital. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 3(2), 654–659. https://doi.org/10.55338/jpkmn.v3i2.412
Azizah, Y., & Halwati, U. (2023). Strategi Branding Sekolah Dalam Meningkatkan Awereness Masyarakat. Dirasah?: Jurnal Studi Ilmu Dan Manajemen Pendidikan Islam, 6(2), 250–257. https://doi.org/10.58401/dirasah.v6i2.899
Effendi, D., & Wahidy, A. (2019). Pemanfaatan Teknologi Dalam Proses Pembelajaran Menuju Pembelajaran ABAD 21. Seminar Pendidikan Nasional.
Faizah, N. A., Salsabila, A. D., Asyifa, N., & Kusumaningrum, H. (2024). Branding Sekolah: Pendekatan Manajemen Pemasaran di Era Kompetitif. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Kearifan Lokal (JIPKL), 4(6), 827–842.
Febrianti, S., Utama, H. B., Hayati, N., Setiawati, M., Adi, N., & Sulastri, S. (2025). Pelatihan pengelolaan media digital website untuk membangun branding sekolah pada SMA Bukit Barisan Kota Padang. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 9(2), 274 – 282. https://doi.org/10.31764/jpmb.v9i2.29179
Juju, D., & Sulianta, F. (2013). Branding Promotion With Social Networks. Elex Media Komputindo.
Mujib, F., & Saptiningsih, T. (2021). School Branding: Strategi di Era Disruptif. Bumi Aksara.
Pondrinal, M., Suardi, M., & Tedy, T. (2022). Optimalisasi Promosi Kampung Manggis Secara Digital Sebagai Potensi Agrowisata di Kota Padang. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(5), 1406–1412. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i5.10856
Suyatno, Jumintono, Pambudi, D. I., Mardati, A., & Wantini. (2019). Strategy of Values Education in the Indonesian Education System. International Journal of Instruction, 12(1), 607–624. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12139a
Syafitri, W., & Costaner, L. (2019). Pelatihan Branding Sekolah Pada Sosial Media di SMP IT Madani. Dinamisia?: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 158–166. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v3i1.2804
Syukri, M., & Said, S. (2024). Studi Kasus Sekolah-Sekolah Bertaraf (Branding): Terpadu, Program Khusus. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(1), 6361–6371. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i1.7791
Wahyunto, M., Hidayati, D., & Sukirman, S. (2024). Strategi branding Sekolah di era digital dalam meningkatkan animo masyarakat melalui pemanfaatan digital marketing. Academy of Education Journal, 15(2), 1260–1271. https://doi.org/10.47200/aoej.v15i2.2419
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##Penulis yang ingin memasukkan naskah untuk diterbitkan pada jurnal GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat menyetujui poin-poin di bawah ini.
- Manuskrip yang diserahkan belum diterbitkan sebelumnya baik secara online maupun cetak.
- Manuskrip yang dikirimkan harus mengandung novelty yang baik. Minimal kebaruan referensi adalah 80% dari total referensi yang digunakan.
- Topik manuskrip harus sesuai dengan fokus dan ruang lingkup Jurnal GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat
- Penulisan manuskrip telah disesuaikan dengan panduan penulisan yang ditentukan oleh Jurnal GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat
- Abstrak dan kata kunci disajikan dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dalam pengisian metadata penyerahan manuskrip.
- Referensi yang digunakan 75% harus berasal dari sumber primer (jurnal) dan 25% sumber sekunder (buku, majalah, koran, website, dll).