IMPLEMENTASI PROGRAM LITERASI BAGI MURID DI SEKOLAH DASAR INPRES ENAKTER

  • Sudarwati Nababan Universitas Nusa Nipa
  • Rafaelis Stefanya Wata Universitas Nusa Nipa
Kata Kunci: Implementasi, SD, Program Literasi

Abstrak

Kemampuan literasi SD Inpres Enakter Kecamatan Waiblama Kabupaten Sikka berdasarkan hasil Asesemen Nasional berwarna merah. Hal ini berarti lebih dari 60% murid tidak mencapai batas kompetensi minimum untuk kecakapan literasi. Literasi bagi murid penting karena pembiasaan dan kecakapan literasi sejak dini dapat membuka wawasan pengetahuan murid yang lebih luas, sebagai bekal untuk menghadapi tantangan global. PkM ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi murid di SD Inpres Enakter melalui program literasi. Program yang telah dilaksanakan sesuai rencana aksi kolaborasi dengan warga sekolah yaitu mading sekolah, pohon literasi, pojok baca, revitalisasi perpustakaan, reading award, duta perpustakaan dan poster literasi. Hasil pretest Analisis Kompetensi Minimum kelas diketahui 60% murid tidak mencapai batas kompetensi minimum. Hasil posttest menunjukkan adanya peningkatan kemampuan literasi murid sebesar 23%. SD Inpres Enakter diharapkan tetap melanjutkan semua program

Referensi

Anisa, A. ., Ipungkarti, A. ., & Saffanah, K, N. (2021). Pengaruh Kurangnya Literasi serta Kemampuan dalam berpikir Kritis yang Masih Rendah dalam Pendidikan di Indonesia. Current Research in Education: Conferences Series Journal, 1(1), 1–12.

Astri, A. H. A., & Amalia, D. N. (2024). Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Membaca pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(1), 83–90. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i1.6789

Kemendikbudristek RI. (2023). Rapor Pendidikan Indonesia.

Marsidi, M., & Agustin, I. H. (2024). Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi Melalui Media Pembelajaran Ular Tangga di SDN Sukorejo 6. Dedication: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 8(1), 41–48.

Mbari, M. A. ., Putera, S. H. ., Pora, Y. ., & Rangga, Y. P. . (2023). Survei Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat Kabupaten Sikka Tahun 2023. Badan Perencanaan dan Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Sikka. https://www.bapelitbang.sikkakab.go.id/dokdblitbang/757936Indeks Literasi Masyarakat akhir.pdf

Nuen, M. N. . (2023). Mengembangkan Sekolah Berbasis Data Rapor Pendidikan. https://www.labmenulis.com/2023/03/mengembangkan-sekolah-berbasis-data.html

Pratiwi, A. D., Nugroho, A. A., Setyawati, R. D., & Raharjo, S. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Pada Siswa Kelas IV Di SD Negeri Tlogosari 01 Semarang. JANACITTA, 6(1), 38–47. https://doi.org/10.35473/jnctt.v6i1.2263

Sadriani, A., Arifin, I., GH, M., & Adminira Ruslan, Z. (2023). Peningkatan Literasi dan Numerasi Siswa Melalui Program Pojok Baca di SD Negeri Pampang. Ininnawa: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 30–36. https://doi.org/10.26858/ininnawa.v1i1.126

Widyaningrum, R., & Prihastari, E. B. (2022). Optimalisasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) melalui Program Inovatif. Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 7(3), 809–818. https://doi.org/10.30653/002.202273.192

Zubaedah, E., & Saptono, B. (2024). Pengelolaan Majalah Dinding di Sekolah. Journal Ilmiah Guru: COPE, 1(8), 35–42.

Diterbitkan
2025-07-15
Bagian
Articles