UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN LARI JARAK PENDEK 100 METER MELALUI METODE BERMAIN HIJAU-HITAM PADA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 8 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2019/2020

  • Yusuf Pramono Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Muh Yusuf Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Untung Nugroho
Keywords: Bermain, Modifikasi, Lari

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untukmengetahui peningkatan kemampuan lari jarak pendek 100 meter dengan pemberian metode bermain hijau-hitam pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 8 Surakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 8 Surakarta Tahun Ajaran 2019/2020 dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive samping. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi untuk memperoleh data. Data yang dikumpulkan pada setiap kegiatan penelitian dianalisis secara deskriptif menggunakan teknik presentase untuk menganalisis aspek yang telah diamati dan dikategorikan sesuai dengan kategori yang telah ditentukan. Dari hasil keseluruhan nilai dari materi lari jarak pendek 100 meter baik tes praktik maupun teori yaitu kognitif, afektif dan psikomotor meningkat. Dari nilai presentase kognitif pra siklus 59,95% menjadi 66,66% pada siklus I dan meningkat 75,46% pada siklus II. Nilai presentase psikomotor pra siklus 66,20% menjadi 71,06% pada siklus I dan meningkat 76,85% pada siklus II. Nilai presentase afektif pra siklus 68,98% menjadi 72,92% pada siklus I dan meningkat 80,32% pada siklus II.

Published
2022-01-31
How to Cite
Yusuf Pramono, Muh Yusuf, & Untung Nugroho. (2022). UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN LARI JARAK PENDEK 100 METER MELALUI METODE BERMAIN HIJAU-HITAM PADA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 8 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2019/2020. JURNAL ILMIAH PENJAS (Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran), 8(1), 27-38. https://doi.org/10.36728/jip.v8i1.1834

Most read articles by the same author(s)