EFEKTIVITAS PERMAINAN BOLA VOLI YANG DIMODIFIKASI TERHADAP AKTIVITAS SISWA SEKOLAH DASAR KELAS ATAS DI SD NEGERI 2 SECANG KECAMATAN SECANG KABUPATEN MAGELANG TAHUN AJARAN 2015/2016

  • SLAMET SANTOSO

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas permainan bola voli yang dimodifikasi dalam meningkatkan aktivitas siswa kelas atas SD Negeri 2 Secang Kecamatan Secang Kabupaten Magelang Tahun Ajaran 2015/2016.

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas atas (V) SD Negeri 2 Secang Kecamatan Secang Kabupaten Magelang Tahun Ajaran 2015/2016 yang berjumlah 77 siswa. Dalam penelitian ini pengambilan sampel menggunakan teknik quota sampling yang berjumlah 40 siswa yang terdiri dari 20 siswa putra dan 20 siswa putri. Variabel dalam penelitian ini adalah permainan bola voli yang dimodifikasi, aktivitas siswa, dan denyut nadi. Instrumen yang digunakan adalah tes denyut nadi yang dibuat oleh Oktia Woro Kasmini H. Analisis data menggunakan rumus t-test untuk menguji signifikan perbedaan mean. Penelitian ini menggunakan metode treatmen.

Nilai rata-rata beda kelompok eksperimen sebesar 11,65 dan kelompok pembanding sebesar 5,75. Jadi nilai rata-rata beda kelompok eksperimen lebih dari nilai rata-rata beda kelompok pembanding yaitu 11,65 > 5,75. Dengan selisih beda antara kelompok eksperimen dengan kelompok pembanding sebesar 5,9. Dengan rumus t-test menghasilkan thitung sebesar 2,71 kemudian dikonsultasikan dengan nilai ttabel pada taraf signifikansi 5% dengan derajat kebebasan (d.b) NE + NP – 2 = 38. Dari hasil konsultasi pada t-tabel didapatkan nilai sebesar 2,68. Jadi nilai t-hasil lebih besar dari ttabel yaitu 2,71 > 2.68. Dengan demikian, perumusan hipotesis kerja yang menyatakan: “Permainan bola voli yang dimodifikasi lebih efektif untuk meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani, diterimaâ€.

Kesimpulan hasil penelitian bahwa eksperimen yang dilakukan mempunyai pengaruh terhadap kelompok eksperimen. Dengan telah diketahuinya hasil penelitian tersebut di atas, maka pendapat yang menyatakan bahwa permainan bola voli yang dimodifikasi lebih efektif untuk meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani terbukti.

 

Author Biography

SLAMET SANTOSO
FKIP PJKR UTP SKA
Published
2016-01-01
How to Cite
SANTOSO, S. (2016). EFEKTIVITAS PERMAINAN BOLA VOLI YANG DIMODIFIKASI TERHADAP AKTIVITAS SISWA SEKOLAH DASAR KELAS ATAS DI SD NEGERI 2 SECANG KECAMATAN SECANG KABUPATEN MAGELANG TAHUN AJARAN 2015/2016. JURNAL ILMIAH PENJAS (Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran), 2(1). Retrieved from http://ejournal.utp.ac.id/index.php/JIP/article/view/351