PENINGKATAN LOMPAT JAUH MENGGUNAKAN METODE ROLEPLAYINGPADA SISWA KELAS IV SD NEGERI NGADIREJOTAHUN PELAJARAN2016/2017

  • HUNAYANI HUNAYANI
  • SLAMET SANTOSO

Abstract

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok melalui penggunaan alat bantu pada siswa kelas IV SD Negeri Ngadirejo Tahun Ajaran 2016/2017.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Ngadirejo Kecamatan Tegalrejo yang berjumlah 17 siswa. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi atau Arsip.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penggunaan alat bantu box kardus dengan metode role playing dapat meningkatkan hasil belajar lompat jauh siswa dari prasiklus diperoleh data 18% yang tuntas. Pada  siklus I diperoleh data 36% tuntas. Pada  siklus II.yang tuntas 82%. Dari data di atas  Proses belajar mengajar menggunakan alat bantu bax kardus dengan metode role playing menunjukkan adanya peningkatan hasil yang signifikan. Dengan demikian pembelajaran pada penjasorkes dalam belajar lompat jauh gaya jongkok bagi siswa kelas IV semester I tahun pelajaran 2016-2017 di SDN Ngadirejo Kecamatan Tegalrejo Magelang, dengan alat bantu box kardus dengan metode role playing.

Author Biographies

HUNAYANI HUNAYANI
FKIP
SLAMET SANTOSO
PJKR FKIP UTP SKA
Published
2018-01-01
How to Cite
HUNAYANI, H., & SANTOSO, S. (2018). PENINGKATAN LOMPAT JAUH MENGGUNAKAN METODE ROLEPLAYINGPADA SISWA KELAS IV SD NEGERI NGADIREJOTAHUN PELAJARAN2016/2017. JURNAL ILMIAH PENJAS (Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran), 4(1). Retrieved from http://ejournal.utp.ac.id/index.php/JIP/article/view/688