HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI DAN PERSEPSI SISWA TERHADAP GURU DENGAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI

  • JOKO SULISTYONO

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui: Apakah terdapat hubungan antara motivasi belajar siswa terhadap pendidikan jasmani dan persepsi siswa terhadap kinerja guru dengan hasil belajar pendidikan jasmani pada suatu survai di Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP)  Neqeri di DKI Jakarta.

Metode penelitian yang digunakan adalah survai, sedangkan teknik pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan statistik korelasi, regresi sederhana dan regresi ganda. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah motivasi siswa terhadap pendidikan jasmani dan persepsi siswa terhadap kinerja 'guru. Sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar pendidikan jasmani. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SLTP Negeri di DKI Jakarta tahun 1997/1998. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster Random Sampling, jumlah sampel sebanyak 106 siswa. Data untuk variabel bebas dikumpulkan melalui kuesioner,sedangkan data untuk variabel terikat diambil dari nilai pendidikan jasmani pada rapor untuk catur wulan I. Validitas instrumen motivasi dan persepsi siswa terhadap kinerja guru dilakukan dengan product moment correlation, dan reliabilitas dilakukan dengan Alpha Cronbach. Koefisien korelasi 0,94 untuk instrumen motivasi dan 0,90 untuk instrumen persepsi. hipotesis penelitian dilakukan dengan taraf signifikansi alpha a 0,01.

Hasil penelitian menunjukkan: Pertama, terdapat hubungan positif antara motivasi siswa dengan hasil belajar pendidikan jasmani, dengan koefisien korelasi r = 0,36 dan persamaan regresi Y = 2,44 + 0,03X1. Kedua, tidak ada hubungan antara persepsi siswa terhadap kinerja guru dengan hasil belajar pendidikan jasmani, koefisien korelasi 0,13 dan persamaan regresi = 4,86 + 0,02X2. Ketiga, terdapat hubungan antara motivasi dan persepsi siswa terhadap kinerja guru dengan hasil belajar pendidikan jasmani, koefisien korelasi sebesar r = 0,33, persamaan regresi Y = 2,12 + 0,03X1 + 0,02X2. Penelitian ini menyimpulkan bahwa untuk meningkatkan hasil belajar pendidikan jasmani dapat ditempuh dengan upaya meningkatkan motivasi siswa terhadap pendidikan jasmani dan persepsi terhadap kinerja guru.

Author Biography

JOKO SULISTYONO

UTP

MENPORA

Published
2019-07-25
How to Cite
SULISTYONO, J. (2019). HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI DAN PERSEPSI SISWA TERHADAP GURU DENGAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI. JURNAL ILMIAH PENJAS (Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran), 5(2). Retrieved from http://ejournal.utp.ac.id/index.php/JIP/article/view/904

Most read articles by the same author(s)