HAMBATAN DOSEN PENDIDIKAN JASMANI DAN OLAHRAGA DI ERA PEMBELAJARAN DIGITAL

  • Muhammad Akbar Syafruddin Universitas Negeri Makassar
Kata Kunci: Hambatan, Dosen, Pendidikan Jasmani, Era Digital

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantittatif yang bertujuan untuk mengetahui hambatan yang dialami dosen pendidikan jasmani dan olahraga dalam melaksanakan proses perkuliahan di era digital. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 35 orang dosen pendidikan jasmani dan olahraga di Provinsi Sulawesi Selatan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan teknik survei dengan media google form. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuisioner dengan skala likert. Adapun indikator pernyataan terdiri dari media pembelajaran yang digunakan, sikap dosen terhadap digitalisasi pendidikan, motivasi dosen dalam menghadapi pendidikan digital, kreativitas dosen dalam menjalankan pembelajaran, dan sarana prasarana pendukung pembelajaran daring. Kesimpulan penelitian ini yaitu hambatan terbesar yang sering dialami dosen dalam melaksanakan proses perkuliahan adalah sebagian besar dosen masih kesulitan dalam mengoperasikan komputer, kurangnya pengetahuan dosen terkait variasi media pembelajaran, sulitnya dosen dalam menentukan metode pembelajaran yang tepat saat perkuliahan daring, dan sulitnya dosen membangkitkan motivasi peserta didik saat pelaksanaan perkuliahan daring.

Referensi

Al Ardha, M. A. (2022). Inovasi Digital Learning Pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan (Pjok). METAVERSE, 39.

Ambarwati, D., Wibowo, U. B., Arsyiadanti, H., & Susanti, S. (2021). Studi literatur: Peran inovasi pendidikan pada pembelajaran berbasis teknologi digital. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 8(2), 173–184.

Basuki, S. (2016). Pendekatan saintifik pada penjasorkes dalam rangka membentuk jati diri peserta didik. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 12(2), 117–124.

Basuki, S. (2020). Supervisi Pendidikan Jasmani. PT. LKiS Pelangi Aksara, Yogyakarta.

Dlis, F., & Dlis, F. (2020). FILSAFAT ILMU DALAM OLAHRAGA DAN PENDIDIKAN JASMANI. Akademia Pustaka.

Hakim, L. (2020). Pemilihan platform media pembelajaran online pada masa New Normal. Justek: Jurnal Sains Dan Teknologi, 3(2), 27–36.

Kebudayaan, M. (2021). ALTERNATIF PEMBELAJARAN PJOK DI MASA PTM TERBATAS. URGENSI, IMPLEMENTASI, PROBLEMATIKA, DAN EVALUASI PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS PADA PENDIDIKAN JASMANI DAN OLAHRAGA, 33.

Khairi, A., Kohar, S., Widodo, H. K., Ghufron, M. A., Kamalludin, I., Prasetya, D., Prabowo, D. S., Setiawan, S., Syukron, A. A., & Anggraeni, D. (2022). Teknologi pembelajaran: Konsep dan pengembangannya di era society 5.0. Penerbit NEM.

Maudiarti, S. (2018). Penerapan e-learning di perguruan tinggi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 32(1), 51–66.

Moscato, J., Embre, C., & others. (2023). Strategi Pendidikan Dasar untuk Menghadapi Tantangan Era Kurikulum Digital dengan Studi Empiris. Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan Dan Teknologi Informasi, 2(1), 43–53.

Muna, M. K. (2017). Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Keseharan. Seminar Nasional Pendidikan Olahraga, 1(1), 223–234.

Mustafa, P. S., & Dwiyogo, W. D. (2020). Kurikulum pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan di Indonesia abad 21. Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA), 3(2), 422–438.

Priyanto, A., & Ag, M. (2020). Pembelajaran Daring. Penerapan Adaptasi Kebiasaan Baru Pada Era Pandemi Virus Corona 19 Di Berbagai Sektor Pendidikan, 41.

Riyanta, J. (2019). kesehatan jasmani dalam perspektif pendidikan Islam. Aksioma Ad Diniyah: The Indonesian Journal Of Islamic Studies, 7(1).

Sanjaya, R. (2020). 21 Refleksi Pembelajaran Daring di Masa Darurat. SCU Knowledge Media.

Sugandini, D., Istanto, Y., Garaika, G., & Arundati, R. (2022). Model Kesuksesan E-Learning pada Perguruan Tinggi.

Suhardi, S. (2016). Modul guru pembelajar mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan sekolah menengah pertama (SMP) kelompok kompetensi G pedagogik: teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran. PPPPTK Pendidikan Jasmani dan Bimbingan Konseling.

Susanto, N. (2022). Buku Ajar Manajemen Olahraga.

Wardhani, T. Z. Y., & Krisnani, H. (2020). Optimalisasi peran pengawasan orang tua dalam pelaksanaan sekolah online di masa pandemi Covid-19. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 48.

Warisno, A. (2022). Konsep Mutu Pembelajaran dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Attractive: Innovative Education Journal, 4(1), 310–322.

Wijayanto, A. (2023). Membedah Keilmuan Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi.

Diterbitkan
2023-07-31
How to Cite
Syafruddin, M. A. (2023). HAMBATAN DOSEN PENDIDIKAN JASMANI DAN OLAHRAGA DI ERA PEMBELAJARAN DIGITAL. JURNAL ILMIAH PENJAS (Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran), 9(2), 273-286. https://doi.org/10.36728/jip.v9i2.2982