PERBEDAAN PENGARUH METODE LATIHAN BARRIER HOPS DAN SIDE HOPS TERHADAP KEMAMPUAN HEADING DALAM SEPAKBOLA PADA ATLET PUTRA CLUB MAHESA SAKTI FC KAB SEMARANG TAHUN 2021

  • Iwan Arya Kusuma Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Nurul Arifin Universitas Tunas Pembangunan Surakarta

Abstract

ABSTRAK

Tujuan penelitian untuk mengetahui Perbedaan Pengaruh Metode Latihan Barrier Hops Dan Side Hops Terhadap Kemampuan Heading Dalam Sepakbola Pada Atlet Putra Club Mahesa Sakti Fc Kab Semarang Tahun 2021, dan jika ada perbedaan maka untuk mengetahui mana yang lebih baik antara Latihan Barrier Hops Dan Side Hops Terhadap Kemampuan Heading Dalam Sepakbola Pada Atlet Putra Club Mahesa Sakti Fc Kab Semarang Tahun 2021.

Sampel penelitian adalah Pada Atlet Putra Club Mahesa Sakti Fc Kab Semarang  dengan jumlah 30 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik Porpusive Sampling. Variabel penelitian ini yaitu Hasil Peningkatan Kemampuan Heading Sepakbola dengan Latihan Barrier Hops dan Side Hops sebagai variabel bebas serta hasil Peningkatan Kemampuan Heading Sepakbola variabel terikat. Rancangan penelitian menggunakan pretest-posttest design. Tes untuk mengetahui Peningkatan Kemampuan Heading Sepakbola menggunakan tes Kemampuan Heading Sepakbola menggunakan petunjuk pelaksanaan tes dari Nur Hasan (2001: 157). Metode analisis data penelitian menggunakan rumus t-test yang diperhitungkan menggunakan rumus pendek.

Hasil analisis data maka simpulan diperoleh: (1) Ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara Latihan Barrier Hops Dan Side Hops Terhadap Kemampuan Heading Dalam Sepakbola Pada Atlet Putra Club Mahesa Sakti Fc Kab Semarang Tahun 2021. Hal ini dibuktikan dari hasil penghitungan tes akhir masing-masing kelompok yaitu thitung = 3.17 lebih kecil dari pada ttabel = 2,145 dengan taraf signifikasi5%. (2) Metode Barrier Hops lebih baik pengaruhnya dari pada metode Side Hops Terhadap Kemampuan Heading Dalam Sepakbola Pada Atlet Putra Club Mahesa Sakti Fc Kab Semarang Tahun 2021. Berdasarkan persentase peningkatan kemampuan Heading dalam permainan Sepak Bola menunjukkan bahwa kelompok 1 (kelompok yang mendapat perlakuan dengan Latihan Barrier Hops) adalah 81.63% > kelompok 2 (kelompok yang mendapat Latihan Side Hops) adalah 75.00%.

Kata Kunci : Latihan Barrier Hops, Side Hops, Kemampuan Heading

Published
2022-01-31
How to Cite
Kusuma, I. A., & Nurul Arifin. (2022). PERBEDAAN PENGARUH METODE LATIHAN BARRIER HOPS DAN SIDE HOPS TERHADAP KEMAMPUAN HEADING DALAM SEPAKBOLA PADA ATLET PUTRA CLUB MAHESA SAKTI FC KAB SEMARANG TAHUN 2021. Jurnal Ilmiah Spirit, 22(1), 73-85. https://doi.org/10.36728/jis.v22i1.1827

Most read articles by the same author(s)