PERBEDAAN PENGARUH KOMBINASI LATIHAN VOLI-GROUNDSTROKE DAN GROUNDSTROKE BACKHAND TERHADAP MENINGKATKAN KEMAMPUAN GROUNDSTROKE BACKHAND TENIS LAPANGAN PADA ATLET PUTRA GAJAH MUNGKUR TENIS CLUB WONOGIRI TAHUN 2022

  • Iwan Arya Kusuma Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Riza Agus Teguh Adibowo Universitas Tunas Pembangunan Surakarta

Abstract

ABSTRAK

Tujuan penelitian untuk mengetahui (1). Untuk mengetahui pengaruh kombinasi latihan voli-groundstroke dan groundstroke backhand terhadap meningkatkan kemampuan groundstroke backhand tenis lapangan pada atlet putra gajah mungkur tenis club wonogiri tahun 2022. (2) Untuk mengetahui pengaruh lebih baik antara kombinasi latihan voli-groundstroke dan groundstroke backhand terhadap meningkatkan kemampuan groundstroke backhand tenis lapangan pada atlet putra gajah mungkur tenis club wonogiri tahun 2022.

            Populasi penelitian ini adalah semua atlet putra gajah mungkur tenis club wonogiri tahun 2022 yang mengikuti latihan yang berjumlah 33 orang baik putra maupun putri. Teknik sampel yang di gunakan dalam penelitian ini adalah purposive random sampling. Menurut sudjana teknik purposive random sampling yaitu dari sejumlah populasi yang ada, untuk menjadi sampel harus memenuhi ketentuan-ketentuan untuk memenuhi tujuan penelitian. Sampel pada penelitian ini adalah atlet putra gajah mungkur tenis club wonogiri tahun 2022 yang mengikuti latihan tenis lapangan. Besar sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 30 siswa Variabel penelitian ini yaitu latihan meningkatkan kemampuan groundstroke backhand tenis lapangan dengan latihan voli-groundstroke dan groundstroke backhand sebagai variabel bebas serta tendangan shooting ke gawang variabel terikat. Rancangan penelitian menggunakan pretest-posttest design. Teknik pengumpulan data melalui tes kemampuan groundstroke backhand dalam permainan tenis lapangan dengan tes pukulan groundstroke backhand (Nurhasan, 2001:160-161).

            Hasil analisis data maka simpulan diperoleh: (1) Ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara latihan padat dan terdistribusi terhadap kemampuan groundstroke backhand tenis lapangan pada atlet putra gajah mungkur tenis club wonogiri tahun 2022. Hal ini dibuktikan dari hasil penghitungan tes akhir masing-masing kelompok yaituthitung= 4,8986 lebih besar dari pada ttabel= 2,145 dengan taraf signifikasi 5%. (2). Metode latihan groundstroke backhand lebih baik pengaruhnya dari pada metode latihan voli-groundstroke terhadap kemampuan groundstroke backhand tenis lapangan pada atlet putra gajah mungkur tenis club wonogiri tahun 2022. Berdasarkan persentase peningkatan shooting ke gawang menunjukkan bahwa kelompok 1 (kelompok yang mendapat perlakuan dengan metode latihan voli-groundstroke) adalah 39.72% > kelompok 2 (kelompok yang mendapat perlakuan metode latihan groundstroke backhand) adalah 40.438%.

Kata Kunci : Tenis lapanga, latihan voli-groundstroke dan groundstroke backhand.

Published
2022-08-01
How to Cite
Kusuma, I. A., & Teguh Adibowo, R. A. (2022). PERBEDAAN PENGARUH KOMBINASI LATIHAN VOLI-GROUNDSTROKE DAN GROUNDSTROKE BACKHAND TERHADAP MENINGKATKAN KEMAMPUAN GROUNDSTROKE BACKHAND TENIS LAPANGAN PADA ATLET PUTRA GAJAH MUNGKUR TENIS CLUB WONOGIRI TAHUN 2022. Jurnal Ilmiah Spirit, 22(2), 37-47. https://doi.org/10.36728/jis.v22i2.2144

Most read articles by the same author(s)