PERBEDAAN PENGARUH METODE LATIHAN DODGING RUN DAN ZIG-ZAG RUN TERHADAP KELINCAHAN DRIBBLE DALAM PERMAINAN FUTSAL PADA ATLET PUTRA CLUB METAMORFOSA FUTSAL ACADEMY BOYOLALI TAHUN 2021

  • Dedik Historyyana Putra Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Rendra Agung Prabowo Universitas Tunas Pembangunan Surakarta

Abstract

ABSTRAK

Tujuan penelitian untuk mengetahui Perbedaan Pengaruh Metode Latihan Dodging Run Dan Zig-Zag Run Terhadap Kelincahan Dribble Dalam Dalam permainan futsal Pada Atlet Putra Club Metamorfosa Futsal Academy Boyolali Tahun 2021, dan jika ada perbedaan maka untuk mengetahui mana yang lebih baik antara Latihan Dodging Run Dan Zig-Zag Run Terhadap Kelincahan Dribble Dalam Dalam permainan futsal Pada Atlet Putra Club Metamorfosa Futsal Academy Boyolali Tahun 2021.

Sampel penelitian adalah Pada Atlet Putra Club Metamorfosa Futsal Academy Boyolali dengan jumlah 30 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik Total Sampling. Variabel penelitian ini yaitu Hasil Kelincahan shooting dengan Latihan Dodging Run Dan Zig-zag Run sebagai variabel bebas serta hasil kelincahan dribble variabel terikat. Rancangan penelitian menggunakan pretest-posttest design. Tes untuk mengetahui kelincahan dribble menggunakan tes kelincahan dribble menggunakan petunjuk pelaksanaan tes dari Nur Hasan (2001: 157). Metode analisis data penelitian menggunakan rumus t-test yang diperhitungkan menggunakan rumus pendek.

Hasil analisis data maka simpulan diperoleh: (1) Ada Perbedaan Pengaruh Metode Latihan Dodging Run Dan Zig-Zag Run Terhadap Kelincahan Dribble Dalam permainan futsal Pada Atlet Putra Club Metamorfosa Futsal Academy Boyolali Tahun 2021. Hal ini dibuktikan dari hasil penghitungan tes akhir masing-masing kelompok yaitu thitung = 13.76 lebih kecil dari pada ttabel = 2,145 dengan taraf signifikasi 5%. (2) Latihan Dodging Run Dan Zig-Zag Run Terhadap Kelincahan Dribble Dalam permainan futsal Pada Atlet Putra Club Metamorfosa Futsal Academy Boyolali Tahun 2021. Berdasarkan persentase peningkatan Kelincahan Dribbling bola dalam permainan futsal menunjukkan bahwa kelompok 1 (kelompok yang mendapat perlakuan dengan Latihan Dodging Run) adalah 13.274% > kelompok 2 (kelompok yang mendapat Zig-Zag Run) adalah 10.378%.

Kata kunci : Dodging Run, Zig-Zag Run, Kelincahan Dribble, Futsal

Published
2022-01-31
How to Cite
Putra, D. H., & Prabowo, R. A. (2022). PERBEDAAN PENGARUH METODE LATIHAN DODGING RUN DAN ZIG-ZAG RUN TERHADAP KELINCAHAN DRIBBLE DALAM PERMAINAN FUTSAL PADA ATLET PUTRA CLUB METAMORFOSA FUTSAL ACADEMY BOYOLALI TAHUN 2021. Jurnal Ilmiah Spirit, 22(1), 113-121. https://doi.org/10.36728/jis.v22i1.1833