PERBEDAAN PENGARUH METODE LATIHAN PASSING SHOOTING DAN SHOOTING LANGSUNG TERHADAP KETERAMPILAN SHOOTING DALAM PERMAINAN SEPAKBOLA PADA ATLET PUTRA USIA 13-15 TAHUN SSB KFC KARANGMALANG SRAGEN TAHUN 2021

  • Rendra Agung Prabowo Universitas Tunas Pembangunan Surakarta

Abstract

ABSTRAK

Tujuan penelitian untuk mengetahui perbedaan pengaruh metode latihan passing Shooting dan Shooting langsung terhadap keterampilan Shooting dalam permainan sepakbola pada atlet putra usia 13-15 tahun SSB KFC Karang Malang Sragen Tahun 2021, dan jika ada perbedaan maka untuk mengetahui mana yang lebih baik antara latihan passing Shooting dan Shooting langsung terhadap keterampilan Shooting dalam permainan sepakbola pada atlet putra usia 13-15 tahun SSB KFC Karang Malang Sragen Tahun 2021.

Sampel penelitian adalah Pada Atlet Putra Usia 13-15 tahun SSB KFC Karang Malang Sragen dengan jumlah 30 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik Random Sampling. Variabel penelitian ini yaitu Hasil keterampilan Shooting dengan latihan passing Shooting dan Shooting langsung sebagai variabel bebas serta hasil keterampilan Shooting variabel terikat. Rancangan penelitian menggunakan pretest-posttest design. Tes untuk mengetahui keterampilan Shooting menggunakan tes keterampilan Shooting menggunakan petunjuk pelaksanaan tes dari Nur Hasan (2001: 157). Metode analisis data penelitian menggunakan rumus t-test yang diperhitungkan menggunakan rumus pendek.

Hasil analisis data maka simpulan diperoleh: (1) Ada perbedaan pengaruh metode latihan passing Shooting dan Shooting langsung terhadap keterampilan Shooting dalam permainan sepakbola pada atlet putra usia 13-15 tahun SSB KFC Karang Malang Sragen tahun 2021. Hal ini dibuktikan dari hasil penghitungan tes akhir masing-masing kelompok yaitu thitung = 3.588 lebih kecil dari pada ttabel = 2,145 dengan taraf signifikasi 5%. (2) Latihan Shooting langsung lebih baik pengaruhnya dari pada metode passing Shooting terhadap keterampilan Shooting dalam permainan sepakbola pada atlet putra usia 13-15 tahun SSB KFC Karang Malang Sragen tahun 2021. Berdasarkan persentase peningkatan keterampilan Shooting dalam permainan sepak bola menunjukkan bahwa kelompok 1 (kelompok yang mendapat perlakuan dengan latihan passing Shooting) adalah 26.32% < kelompok 2 (kelompok yang mendapat Shooting langsung) adalah 42.05%.

Kata Kunci : Latihan Passing Shooting,  Sepakbola

Published
2021-07-05
How to Cite
Prabowo, R. A. (2021). PERBEDAAN PENGARUH METODE LATIHAN PASSING SHOOTING DAN SHOOTING LANGSUNG TERHADAP KETERAMPILAN SHOOTING DALAM PERMAINAN SEPAKBOLA PADA ATLET PUTRA USIA 13-15 TAHUN SSB KFC KARANGMALANG SRAGEN TAHUN 2021. Jurnal Ilmiah Spirit, 21(2), 101-112. Retrieved from http://ejournal.utp.ac.id/index.php/JIS/article/view/1869