PERBEDAAN PENGARUH METODE LATIHAN DEPTH JUMP DAN SIDE TO SIDE BOX SHUFFLE TERHADAP KETERAMPILAN JUMPING SMASH DALAM PERMAINAN BULUTANGKIS PADA ATLET PUTRA USIA 14-16 TAHUN PB SUKOWATI SRAGEN

  • Rendra Agung Prabowo Universitas Tunas Pembangunan Surakarta

Abstract

ABSTRAK

Tujuan penelitian untuk mengetahui perbedaan pengaruh metode latihan depth jump dan side to side box shuffle terhadap keterampilan Jumping smashdalam permainan bulutangkis Pada Atlet Putra Usia 14-16 Tahun PB PB Sukowati SragenTahun 2022, dan jika ada perbedaan maka untuk mengetahui mana yang lebih baik antara metode latihan depth jump dan side to side box shuffle terhadap keterampilan Jumping smashdalam permainan bulutangkis pada Atlet PB PB Sukowati SragenTahun 2022.

Sampel penelitian adalah Pada Atlet PB PB Sukowati Sragen dengan jumlah 30 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik porpusive sampling. Variabel penelitian ini yaitu hasil keterampilan Jumping smashdengan latihan depth jump dan side to side box shuffle sebagai variabel bebas serta hasil keterampilan Jumping Smash variabel terikat. Rancangan penelitian menggunakan pretest-posttest design. Tes untuk mengetahui keterampilan Jumping smashmenggunakan tes keterampilan Jumping smashmenggunakan petunjuk pelaksanaan tes dari Nur Hasan (2001: 157). Metode analisis data penelitian menggunakan rumus t-test yang diperhitungkan menggunakan rumus pendek.

Hasil analisis data maka simpulan diperoleh: (1) Ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara menggunakan metode depth jump dan side to side box shuffle terhadap keterampilan Jumping smashdalam permainan bulutangkis pada atlet PB PB Sukowati SragenTahun 2022. Hal ini dibuktikan dari hasil penghitungan tes akhir masing-masing kelompok yaitu thitung = 2.967 lebih besar dari pada ttabel = 2,145 dengan taraf signifikasi 5%. (2) Metode depth jump lebih baik pengaruhnya dari pada metode side to side box shuffle terhadap keterampilan Jumping smashdalam permainan bulutangkis pada atlet PB PB Sukowati SragenTahun 2022. Berdasarkan persentase hasil keterampilan Jumping smashbulutangkis menunjukkan bahwa kelompok 1 (kelompok yang mendapat perlakuan dengan menggunakan metode depth jump) adalah 12.91% > kelompok 2 (kelompok yang mendapat perlakuan metode menggunakan metode side to side box shuffle ) adalah 10.65%.

Kata Kunci : Putra, Jumping Smash, Analisis Data, Desain Penelitian, Keguruan, Perguruan Tinggi, Olahraga Raket, Atlet.

Published
2023-01-31
How to Cite
Prabowo, R. A. (2023). PERBEDAAN PENGARUH METODE LATIHAN DEPTH JUMP DAN SIDE TO SIDE BOX SHUFFLE TERHADAP KETERAMPILAN JUMPING SMASH DALAM PERMAINAN BULUTANGKIS PADA ATLET PUTRA USIA 14-16 TAHUN PB SUKOWATI SRAGEN. Jurnal Ilmiah Spirit, 23(1), 34-47. https://doi.org/10.36728/jis.v23i1.2540

Most read articles by the same author(s)