Submissions

Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  • The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, or RTF document file format.
  • Where available, URLs for the references have been provided.
  • The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  • The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines.

Author Guidelines

JUDUL MAKSIMAL 20 KATA (Times New Roman 14 pt, Bold)

Penulis1, Penulis2 ,………… (Times New Roman 11 pt, Bold)

1.Prodi, Institusi, Kota (Times New Roman 10 pt)

Email:

2.Prodi, Institusi, Kota

Email:

Abstrak 

Abstrak ditulis dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris menggunakan huruf Times New Roman 10 pt, spasi tunggal. Abstrak merupakan intisari semua kandungan makalah. Abstrak mencakup tujuan penelitian, metode penelitian, dan hasil yang dicapai. Abstrak tidak lebih dari 250 kata. Di bawah abstrak, cantumkan 3-5 kata kunci yang spesifik terkait dengan naskah.

Kata Kunci: kata, kunci, terpenting (3-5 kata).                     

PENDAHULUAN

Tujuan dari Pendahuluan adalah untuk merangsang minat pembaca dan untuk memberikan informasi latar belakang terkait yang diperlukan untuk memahami isi artikel. Anda harus meringkas masalah yang akan dibahas , memberikan latar belakang tentang subjek tersebut, mendiskusikan penelitian sebelumnya tentang topik tersebut, dan menjelaskan dengan tepat apa yang akan dibahas dalam artikel tersebut, mengapa, dan bagaimana..

Jaga agar Pendahuluan Anda sangat ringkas, terstruktur dengan baik, dan mencakup semua informasi yang diperlukan untuk mengetahui perkembangan temuan Anda. Jangan terlalu membebani pembaca dengan membuat pendahuluan terlalu panjang. Beberapa tips dalam menyususn pendahuluan:

  1. Berikan catatan latar belakang yang ringkas tentang masalah yang dipelajari.
  2. Sebutkan tujuan penelitian
  3. Tetapkan pentingnya penelitian yang anda lakukan
  4. Perkenalkan pembaca pada literatur terkait.
  5. Kemukakan analisis kesenjangan atau pernyataan baru/ GAP penelitian Anda
  6. Nyatakan hipotesis Anda dengan jelas, variabel yang diselidiki, dan ringkas metode yang digunakan.

Secara keseluruhan artikel dapat ditulis dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris. Times New Roman ukuran 12 pt spasi 1. Artikel dicetak pada kertas berukuran A4. Jumlah halaman minimal 8 maksimum 15 halaman, dengan batas marjin atas, bawah, kiri, dan kanan 2 cm. Artikel dituliskan tepi kanan dan kiri rata (justified), dan jorokan awal paragraf (first line).

METODE

  • Bagian metode penelitian ini menguraikan langkah-langkah penyelesaian masalah. Uraikan dengan jelas prosedur penelitian yang dilakukan.
  • Metode yang dipilih agar disesuaikan dengan jenis penelitiannya
  • Prosedur hendaknya dirinci dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi-refleksi, yang bersifat daur ulang atau siklus.
  • Untuk eksperimen dapat dikemukakan variabel penelitian, waktu dan lamanya penelitian, tempat penelitian, instrumen yang digunakan, teknik analisis data. Sedangkan untuk penelitian kualitatif menyesuaikan.

HASIL DAN PEMBAHASAN

Bagian hasil dan pembahasan menyajikan hasil-hasil yang diperoleh dan cara pencapaiannya serta kaitan dengan teori yang relevan. Uraian harus komprehensif namun tetap ringkas dan sistematis. Hasil berupa penyajian data yang berupa tabel pembahasan hasil penelitian meliputi kelebihan dan kekurangan, termasuk pengujian.

Untuk data dalam bentuk tabel, penyajiannya agar menggunakan format tabel seperti contoh Tabel 1. Tabel diberi judul. Judul diletakkan di atas tabel. Tabel dibuat center dan diacu pada naskah ukuran font dalam table Times New Roman 10 pt. Jika terdapat lebih dari satu tabel maka tabel diberi nomor misalnya Tabel 1, Tabel 2, dan seterusnya.

 

Tabel

Jika terdapat gambar maka penyajiannya dibuat center dan diacu dalam naskah. Gambar diberi judul. Judul diletakkan di bawah gambar seperti contoh Gambar 1. Jika terdapat lebih dari satu gambar maka gambar diberi nomor misalnya Gambar 1, Gambar 2, dan seterusnya.

Jika memungkinkan, gambar dalam format file gambar (jpeg) dapat disertakan dalam file terpisah untuk mempermudah penyuntingan gambar.

 PENUTUP

Bagian penutup berisi simpulan dan saran. Oleh karena itu, penutup agar diselaraskan dengan rumusan masalah dan tujuan. Dalam penutup dapat juga ditambahkan prospek pengembangan dari hasil penelitian dan aplikasi lebih jauh yang menjadi prospek kajian berikutnya.

 DAFTAR PUSTAKA

Daftar pustaka diurutkan secara alfabetis berdasarkan APA Style, minimal 80% terbitan 10 tahun terakhir, dan hanya memuat sumber-sumber yang dirujuk, dan disusun dengan sistematika disarankan menggunakan aplikasi penulisan refrensi Mendeley

Privacy Statement

Nama dan alamat email yang dimasukkan dalam situs jurnal ini akan digunakan secara eksklusif untuk tujuan jurnal ini dan tidak akan tersedia untuk tujuan lain atau pihak lain.