EFEKETIVITAS KONSELING KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN EFIKASI DIRI SISWA SMA/SMK: SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW

  • Alfiah Dewi Rahmawati Universitas Sebelas Maret Surakarta
  • Fajar Dwi Wibowo Universitas Sebelas Maret Surakarta
  • Habibullah Habibullah Universitas Sebelas Maret Surakarta
  • Hamidah Nurrochmah Universitas Sebelas Maret Surakarta
  • Hana Fitria Noor Baity Universitas Sebelas Maret Surakarta
  • Ulya Makhmudah Universitas Sebelas Maret Surakarta

Abstract

Efikasi diri adalah keyakinan akan kemampuan seseorang untuk mengontrol fungsi diri dan lingkungannya. Efikasi diri yang tinggi membantu siswa dalam mempercayai kemampuan dirinya, serta akan lebih mudah menerima dan memahami pembelajaran yang telah diajarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui teknik atau pendekatan dalam konseling kelompok yang digunakan, keefektifan teknik atau pendekatan yang diterapkan dalam meningkatkan efikasi diri siswa, serta keefektifan layanan konseling kelompok dalam meningkatkan efikasi diri siswa SMA/SMK. Metode yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR) yang bertujuan untuk mengidentifikasi, meninjau dan mengevaluasi semua temuan penelitian yang relevan untuk menjawab pertanyaan penelitian. Berdasarkan hasil analisis data atau artikel, dapat diketahui bahwa faktor yang paling banyak mempengaruhi efikasi diri adalah pengalaman masa lalu. Selain itu, beberapa pertanyaan terkait penelitian dapat terjawab dimana terdapat banyak jenis teknik dan pendekatan dalam konseling kelompok, teknik atau pendekatan yang paling sering digunakan adalah pendekatan CBT, serta konseling kelompok dengan menggunakan pendekatan CBT efektif dalam meningkatkan efikasi diri siswa SMA/SMK.

References

Ari, U., Sugiharto, D. Y. P., & Awalya, A. (2019). The Effectiveness of Group Counselling with Self-Talk Technique to Improve Students’ Career Aspiration and Self-Efficacy. Jurnal Bimbingan Konseling, 8(1), 97-101.

Bisri, M., Purwanto, E., & Japar, M. (2018). The effectiveness of group counselling with modelling technique to improve self-efficacy in senior high school students decision making of study continuation. Jurnal Bimbingan Konseling, 7(1), 17-22.

Cahyaningsih, N., & Setiawati, F. A. (2022, April). Effectiveness of Reality Group Counseling to Enhance Students’ Self-efficacy in High School. In International Seminar on Innovative and Creative Guidance and Counseling Service (ICGCS 2021) (pp. 159-163). Atlantis Press.

Distira, R. P. A., Sugiyo, S., & Japar, M. (2019). Experiential Learning Strategy-Based Group Counseling To Improve Self-Efficacy. Jurnal Bimbingan Konseling, 8(2), 146-150.

Evi, T. (2020). Manfaat bimbingan dan konseling bagi siswa SD. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 2(1), 72-75.

Francis & Baldesari (2006). Systematic Rewiews of Qualitative Literature. Oxford: UK Cochrane Centre.

Habsy, B. A., & Suryoningsih, M. (2022). Konseling Kelompok Teknik Restrukturisasi Kognitif Untuk Meningkatkan Self-Efficacy Karir Siswa SMK, Efektifkah?. Jurnal Bikotetik (Bimbingan dan Konseling: Teori dan Praktik), 6(2), 46-51

Hasan, H., Sugiharto, D. Y. P., & Sunawan, S. (2019). Group Counseling of Cognitive Behavior with Self Instruction Technique On Self Efficacy and Academic Burnout. Jurnal Bimbingan Konseling, 8(1), 91-96.

Hendar, K., Awalya, A., & Sunawan, S. (2019). Solution-focused brief therapy group counseling to increase academic resilience and self-efficacy. Jurnal Bimbingan Konseling, 8(3), 1-7.

Hofmann, S. G., & Asmundson, G. J. (Eds.). (2017). The Science of Cognitive Behavioral Therapy. Academic Press.

Kitchenham, B., & Charters, S. (2007). Guidelines for performing systematic literature Reviews in software engineering. Keele University and Durham University Joint Report.

Kurniasari, P., Jafar, M., & Sunawan, S. (2021). Impact of group counseling with cognitive restructuring techniques to reduce cheating and increase self efficacy. Jurnal Bimbingan Konseling, 10(1), 61-68.

Lumongga, D. N. (2019). Konseling Kelompok. Jakarta: Prenadamedia Group.

Manuntung, A. (2018). Terapi Perilaku Kognitif Pada Pasien Hipertensi. Malang: Wineka Media.

Maulita, T., Yusmansyah, Y., & Mayasari, S. (2018). Peningkatan Efikasi diri dalam Belajar Menggunakan Layanan Konseling Kelompok Teknik Latihan Asertif. ALIBKIN (Jurnal Bimbingan Konseling), 6(1).

Munir, A. (2018). Upaya peningkatan self-efficacy pada siswa melalui layanan konseling kelompok dengan model CBT. RISTEK: Jurnal Riset, Inovasi dan Teknologi Kabupaten Batang, 3(1), 29-36.

Munir, G., & Sugiharto, D. Y. P. (2021). The effectiveness of group counseling ability potential response and live modeling techniques to increase self efficacy adaptability of career choice. European Journal of Psychological Research, 8(3).

Nurmalia, T., Choirunnisa, D., Hanim, W., & Marjo, H. K. (2020). Self efficacy dengan menggunakan pendekatan rational emotive behavior therapy (REBT) dalam konseling kelompok pada peserta didik SMA. Visipena, 11(2), 404-415.

Prihastyanti, I., & Sawitri, D. R. (2020). Dukungan guru dan efikasi diri akademik pada siswa SMA Semesta Semarang. Jurnal Empati, 7(3), 867-880.

Priyantoro, D. E. (2017). Bimbingan dan Konseling untuk Motivasi Belajar. Elementary: jurnal ilmiah pendidikan dasar, 1(2), 1-9.

Purwanti, A. (2018). Keefektifan Konseling Kelompok untuk Meningkatkan Kemampuan Self Efficacy Akademik Siswa. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 7(4), 1-8.

Rismawan, K. S. G., & Gading, I. K. (2021, April). The Effectiveness of Cognitive Behavior Group Counseling to Improve Career Decision Making Self-Efficacy of Senior High School Students. In 2nd International Conference on Technology and Educational Science (ICTES 2020) (pp. 142-149). Atlantis Press.

Sadewi, A. I., Wibowo, M. E., & Sugiyo, S. (2019). Group counseling with symbolic modeling technique to improve students career decision making self-efficacy. Jurnal Bimbingan Konseling, 8(2), 163-167.

Safriliani, E., Zarkasih, E., & Maulana, Y. (2020). Efektivitas layanan konseling kelompok dengan pendekatan cognitive behavior theraphy (CBT) untuk meningkatkan self effycacy pada siswa SMK. Guidance Jurnal Bimbingan dan Konseling. 17(1). 9-13.

Sari, D. R., & Wiyono, B. D. (2020). Cinema Therapy untuk Meningkatkan Academic Self-Efficacy Siswa Kelas XI-IPS SMA Negeri 4 Bojonegoro. Jurnal BK UNESA, 11(1), 95-101.

Siswanto. (2010). Systemic Review sebagai Metode Penelitian untuk Mensintesis Hasil Hasil Penelitian (Sebuah Pengantar). Surabaya: Pusat Penelitian dan Pengembangan Sistem dan Kebijakan Kesehatan.

Sucipto, S. D., Dewi, R. S., & Sari, N. E. (2017). Efektivitas Konseling Kelompok Menggunakan Teknik Psikodrama untuk Meningkatkan Self-Efficacy Siswa di SMA Srijaya Negara Palembang. Jurnal Konseling Komprehensif: Kajian Teori dan Praktik Bimbingan dan Konseling, 4(2), 45-52.

Sugiyo, S., & Purwanto, E. (2022). The Effectiveness of Reality Group Counseling to Improve Students’ Self-Efficacy. Jurnal Bimbingan Konseling, 11(2), 82-86.

Tanjung, R., Arifudin, O., Sofyan, Y., & Hendar, H. (2020). Pengaruh Penilaian Diri Dan Efikasi Diri Terhadap Kepuasan Kerja Serta Implikasinya Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 4(1), 380-391.

Utomo, K. D. M. (2019). Cognitive Behavioral Therapy untuk Meningkatkan Self-Efficacy Akademis pada Siswa SMA Korban Bullying Relasional. Solution: Journal of Counselling and Personal Development, 1(1), 40-50.

Wahid, H. (2018). Efektifitas konseling kelompok dengan teknik metafora berbentuk healing stories untuk meningkatkan efikasi diri akademik siswa SMA. Realita: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 1(1).

Published
2022-12-25