KESADARAN DIRI DAN KEDISIPLINAN BELAJAR PADA SISWA SMA

  • Saroji Sekolah Tinggi Psikologi Yogyakarta
  • Neni Widyayanti Sekolah Tinggi Psikologi Yogyakarta
  • Roy Gustaf Tupen Ama Sekolah Tinggi Psikologi Yogyakarta
Keywords: self awarennes, Learning of Dicipline, students

Abstract

The purpose of this study was to determine the relationship between self-awareness and learning of discipline in students of SMK "X" Magelang. The subjects of this study were students of class XI SMK "X" Magelang with a total sample of 119 subjects. The sampling technique was using cluster random sampling technique. Research data collection was carried out using a scale of learning discipline and a scale of self-awareness. The learning of discipline scale research instrument (?) = 0.942 with 41 valid items and self-awareness (?) = 0.921 with 41 valid items. The data analysis technique used is the Pearson product moment. The results showed that there was a significant positive relationship between self-awareness and learning discipline in students of SMK "X" Magelang with a value (rxy) of 0.760, a significance level of 0.000 (p <0.05). The effective contribution of self-awareness to critical thinking skills is 57.7%. The research sample has self-awareness with a moderate category of 70.6% and a discipline learning discipline with a moderate category of 63.9%.

References

Agustina, L., Daharnis, D., & Hariko, R. 2019. Peran Konselor dalam Meningkatkan Disiplin Siswa: Tinjauan Berdasarkan Persepsi Siswa. JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa, 3(1). DOI: http://dx.doi.org/10.31100/jurkam.v3i1.266

Ardi & Minal. 2012. Pengaruh Pemberian Hukuman Terhadap Disiplin Siswa Dalam Belajar. Jurnal Ekonomi dan Sosial. Vol. 8 (1) 61-71. DOI: 10.33751/jppguseda.v3i1.2017

Azwar, S. 2016. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Depdiknas. 2003. UU RI Nomor 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Biro Hukum dan Organisasi Sekjen Depdiknas.

Esmiati, A. N., Prihartanti, N., & Partini, P. 2020. Efektivitas Pelatihan Kesadaran Diri Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 8(1), 85-95. DOI: https://doi.org/10.22219/jipt.v8i1.11052

Goleman, D. Kecerdasan Emosional. Terjemahan oleh T. Hermaya. 2016. Jakarta: PT Gramedia Pustaka.

Hurlock, E.B. Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Terjemahan Oleh Istiwidayati & Soedjarwo. 1993. Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga.

Khairiyaturrizkyah, K., & Nuraeni, N. 2019. Hubungan Antara Pola Asuh Demokratis Dengan Disiplin Belajar Pada Siswa Di Sma Negeri 1 Labuapi. Realita: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(5).

Mudana., Nyoman, O., Ketut, D. & Kadek, S. 2014. Penerapan Konseling Gestalt dengan Teknik Reframing Untuk Meningkatkan Kesadaran Diri dalam Belajar Siswa Kelas VIII A1 SMP Negeri 4 Singaraja Tahun Ajaran 2013/2014. e-journal Undiksa Jurusan Bimbingan Konseling,2(1). DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jibk.v2i1.3922

Mumpuni, T. 2018. Hubungan Self Awareness Dengan Kedisiplinan Peserta Didik Kelas VI Di MI Annur Deyangan Mertoyudan Tahun 2018/2019. Artikel ini disajikan dalam Konferensi Nasional Ke-7 Asosiasi Program Pascasarjana Perguruan Tinggi Muhammadiyah, 23 -25 maret. Jakarta : Aisyiyah (APPPTMA)

Mustafida, I. M. 2016. Pengaruh Kesadaran Diri Dan Motivasi Diri Terhadap Kedisiplinan Siswa Di Mts Ma'arif Sukosari Tahun Pelajaran 2015/2016. Laporan Penelitian, tidak diterbitkan. Ponorogo: STAIN

Musungu, B. J., & PGDE, M. 2014. The Place Of Punishment In The Efficient Causation Of Students’ Discipline. International Journal of Education and Research, 2(9), 329-336.

Nawawi, H. 2012. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Niswah, K. 2015. Hubungan Natara Hukuman Dan Self Awareness Dengan Kedisiplinan Belajar Siswa Di Pondok Pesantren Darul Ma’rifat Cabang Gontor 3 Gurah Kabupaten Kediri. Laporan Penelitian, tidak diterbitkan. Surabaya: Prodi Psikologi UIN Sunan Ampel Surabaya.

Romlah, M,S. (2013) Pendekatan Brainstorming Teknik Round-Robin Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran, Komunikasi Matematis Dan Self Awareness Siswa SMP. Laporan Penelitian, tidak diterbitkan. Jakarta : FKIP UPI.

Santrock, J. 2007. Perkembangan anak. Terjemahan Oleh Mila Rahmawati dan Anna Kusnan. Jakarta: Erlangga.

Sarwono , S, W. 2010. Psikologi Remaja. Rajawali pers : Jakarta.

Sudarmono, S., Apuanor, A., & Kurniawati, E. H. K. 2019. Pengaruh Kesadaran Diri Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas IX Smpn 9 Sampit. Jurnal ilmu pendidikan. 5(2). DOI: https://doi.org/10.46822/paedagogie.v5i2.57

Sukmanasa, E. 2016. Hubungan Antara Disiplin Belajar Dengan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal Kreatif: Jurnal Kependidikan Dasar, 7(1). DOI: https://doi.org/10.15294/kreatif.v7i1.9363

Tu’u, T. 2004. Peran disiplin pada perilaku dan prestasi siswa. Jakarta :

Uno, H. 2008. Orientasi baru dalam psikologi pembelajaran. Jakarta:PT bumi aksara

Winkel ,W,S. & Hastuti, S. 2004. Bimbingan dan konseling. Jakarta: Insititut pendidikan.

Published
2021-06-12