PERAN ROHANIWAN SEBAGAI KONSELOR DALAM PEMBERIAN LAYANAN KONSELING PASTORAL

  • munik yuni universitas negeri semarang
Abstract views: 19 , pdf (Bahasa Indonesia) downloads: 19

Abstract

Dalam konseling pastoral menekankan pada penguatan batiniah secara religiusitas (pastoral care) yang sangat dibutuhkan oleh umat beragama Konseling pastoral merupakan bentuk unik dari administrasi konseling yang dilakukan untuk membantu klien memperoleh kehidupan yang seimbang sebagai pribadi yang utuh. Keberadaan rohiawan menjadi suatu hal yang krusial bagi para jemaat Kristen. Sebab rohaniwan mengambil peran seseorang yang dianggap dapat membantu dan memberikan harapan pada jemaat. Selain itu rohiawan juga berperan sebagai konselor pastoral yang memiliki keunikan diantara konselor pada umumnya, baik dalam fungsi sosial maupun simbolis. Konselor pastoral yang bertugas di lembaga-lembaga publik dan melihat diri mereka sebagai teolog publik yang menanamkan nilai-nilai pastoral ke dalam layanan sosial dan pasar medis. Artikel ini merupakan sebuah gagasan konseptual yang pengumpulan datanya diperoleh dari artikel-artikel dari jurnal yang relevan dengan gagasan ini, dan diperkuat oleh  wawancara dengan salah satu rohaniwan (romo), serta dokumentasi

References

Benner G. David (1992) Strategic Pastoral Counseling, Baker Book House; Michigan.
Palit, S. R. (2019). Pendekatan Pelayanan Tuhan Yesus Dalam Perspektif Pastoral Konseling. Jurnal Teologi Rahmat, 5(1), 54-70.
Pedhu, Y. (2019). Efforts to Overcome Countertransference in Pastoral Counseling Relationships. Journal of Pastoral Care & Counseling, 73(2), 74-81.
Stansbury, K. L., Harley, D. A., King, L., Nelson, N., & Speight, G. (2012). African American clergy: what are their perceptions of pastoral care and pastoral counseling?. Journal of religion and health, 51(3), 961-969.
Townsend, L. L. (2011). A grounded theory description of pastoral counseling. Journal of Pastoral Care & Counseling, 65(3), 1-15.
Timur, A. R., & Wardana, A. (2019). Peran Rohaniwan Kristiani Dalam Penguatan Religiusitas Pasien Rumah Sakit Ngesti Waluyo Temanggung. E-Societas, 8(2).
Wijayatsih, H. (2012). Pendampingan Dan Konseling Pastoral. Gema Teologi, 35(1/2).
Younce, C. L. (2012). The significance of developing core counseling competencies in pastoral care ministry.
https://sabda.org/c3i/keunikan_konseling_pastoral
Published
2020-10-01
Section
Articles