PERAN MOTIVASI BELAJAR DAN PERSEPSI SISWA TENTANG KELOMPOK KELAS IPA-IPS TERHADAP MINAT MELANJUTKAN KE PERGURUAN TINGGI
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan persepsi siswa tentang kelompok kelas IPA-IPS terhadap minat melanjutkan ke perguruan tinggi baik secara parsial maupun simultan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian expost facto. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 380 siswa, sedangkan sampal penelitiannya diambil menggunakan teknik simple random sampling dengan rumus Isaac dan Michel sehingga diperoleh sampel 180 siswa. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara dan skala psikologis. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa motivasi belajar dan persepsi siswa tentang kelompok kelas IPA-IPS berpengaruh 26,3% terhadap minat melanjutkan ke perguruan tinggi. Motivasi belajar berpengaruh 22,2% terhadap minat melanjutkan ke perguruan tinggi dan persepsi siswa tentang kelompok kelas IPA-IPS berpengaruh 16,2% terhadap minat melanjutkan ke perguruan tinggi. Berdasarkan hasil tersebut dapat diketahui bahwa semakin tinggi motivasi belajar dan persepsi siswa tentang kelompok kelas IPA-IPS maka minat melanjutkan ke perguruan tinggi juga akan meningkat.
References
Ayu Dwi, F & Ali Muhson. (2015). Pengaruh Persepsi Tentang Pendidikan, Lingkungan Teman Sebaya, Jenis Sekolah, dan Status Sekolah Terhadap Minat Melanjutkan Ke Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan dan Ekonomi. IV(5), 2015.
Budisantoso, I. (2016). Pengaruh Motivasi Belajar, Pendidikan Orang Tua, Dan Teman Sebaya Terhadap Minat Melanjutkan Perguruan Tinggi Bagi Siswa Kelas XI SMA N 2 Klaten Tahun Ajaran 2015/2016 (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomi). Retrieved from eprints.uny.ac.id, diakses pada tanggal 16 Februari 2018.
Hurlock, Elizabeth B. (2013). Perkembangan Anak Jilid 2 Edisi Keenam. Jakarta : PT. Erlangga.
Nurhadiyanti Sulistiyorini, S. (2014). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Minat Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi Siswa Kelas Xi Ips Sma Negeri 1 Piyungan Tahun Ajaran 2013/2014 (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomi). Retrieved from eprints.uny.ac.id, diakses pada tanggal 16 Februari 2018.
Sardiman. (2011). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar.
Suprapto, A. (2007). Minat Masuk Perguruan Tinggi bagi Siswa Kelas III Program KeahlianTeknik Instalasi Listrik pada SMK di Purworejo (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang). Retrieved from lib.unnes.ac.id, diakses pada tanggal 5 Februari 2018.
Walgito, Bimo. (2004). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta : ANDI.
Wibowo, A. J. I., & Widodo, Y. E. (2015). Identifikasi Penentu Intensi Studi di Perguruan Tinggi: Studi Kasus terhadap Universitas Swasta Katolik di Indonesia. Jurnal Manajemen Maranatha, 13(1).
Umma, I., & Margunani, M. (2015). Pengaruh Motivasi Belajar, Prestasi Belajar, Dan Kondisi Ekonomi Keluarga Terhadap Minat Siswa Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi Kelas Xi Ips Di Sma Negeri Sekecamatan Ngaliyan, Semarang. Economic Education Analysis Journal, 4 (1). Retrieved from http. journal. unnes. ac. id/sju/index. php/eeaj/article/view/4702. diakses pada tanggal 26 Februari 2018.
Zain, O. M., Jan, M. T., & Ibrahim, A. B. (2013). Factors influencing students’ decisions in choosing private institutions of higher education in Malaysia: a structural equation modelling approach. Asian Academy of Management Journal, 18(1), 75-90.
Copyright (c) 2020 Mufidah Istiqomah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1) Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
2) Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
3) Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.