PERAN MOTIVASI BELAJAR DAN PERSEPSI SISWA TENTANG KELOMPOK KELAS IPA-IPS TERHADAP MINAT MELANJUTKAN KE PERGURUAN TINGGI

  • Mufidah Istiqomah UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
  • Sinta Saraswati

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan persepsi siswa tentang kelompok kelas IPA-IPS terhadap minat melanjutkan ke perguruan tinggi baik secara parsial maupun simultan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian expost facto. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 380 siswa, sedangkan sampal penelitiannya diambil menggunakan teknik simple random sampling dengan rumus Isaac dan Michel sehingga diperoleh sampel 180 siswa. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara dan skala psikologis. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa motivasi belajar dan persepsi siswa tentang kelompok kelas IPA-IPS berpengaruh 26,3% terhadap minat melanjutkan ke perguruan tinggi. Motivasi belajar berpengaruh 22,2% terhadap minat melanjutkan ke perguruan tinggi dan persepsi siswa tentang kelompok kelas IPA-IPS berpengaruh 16,2% terhadap minat melanjutkan ke perguruan tinggi. Berdasarkan hasil tersebut dapat diketahui bahwa semakin tinggi motivasi belajar dan persepsi siswa tentang kelompok kelas IPA-IPS maka minat melanjutkan ke perguruan tinggi juga akan meningkat.

References

Ayu Dwi, F & Ali Muhson. (2015). Pengaruh Persepsi Tentang Pendidikan, Lingkungan Teman Sebaya, Jenis Sekolah, dan Status Sekolah Terhadap Minat Melanjutkan Ke Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan dan Ekonomi. IV(5), 2015.

Budisantoso, I. (2016). Pengaruh Motivasi Belajar, Pendidikan Orang Tua, Dan Teman Sebaya Terhadap Minat Melanjutkan Perguruan Tinggi Bagi Siswa Kelas XI SMA N 2 Klaten Tahun Ajaran 2015/2016 (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomi). Retrieved from eprints.uny.ac.id, diakses pada tanggal 16 Februari 2018.

Hurlock, Elizabeth B. (2013). Perkembangan Anak Jilid 2 Edisi Keenam. Jakarta : PT. Erlangga.

Nurhadiyanti Sulistiyorini, S. (2014). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Minat Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi Siswa Kelas Xi Ips Sma Negeri 1 Piyungan Tahun Ajaran 2013/2014 (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomi). Retrieved from eprints.uny.ac.id, diakses pada tanggal 16 Februari 2018.

Sardiman. (2011). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar.

Suprapto, A. (2007). Minat Masuk Perguruan Tinggi bagi Siswa Kelas III Program KeahlianTeknik Instalasi Listrik pada SMK di Purworejo (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang). Retrieved from lib.unnes.ac.id, diakses pada tanggal 5 Februari 2018.

Walgito, Bimo. (2004). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta : ANDI.

Wibowo, A. J. I., & Widodo, Y. E. (2015). Identifikasi Penentu Intensi Studi di Perguruan Tinggi: Studi Kasus terhadap Universitas Swasta Katolik di Indonesia. Jurnal Manajemen Maranatha, 13(1).

Umma, I., & Margunani, M. (2015). Pengaruh Motivasi Belajar, Prestasi Belajar, Dan Kondisi Ekonomi Keluarga Terhadap Minat Siswa Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi Kelas Xi Ips Di Sma Negeri Sekecamatan Ngaliyan, Semarang. Economic Education Analysis Journal, 4 (1). Retrieved from http. journal. unnes. ac. id/sju/index. php/eeaj/article/view/4702. diakses pada tanggal 26 Februari 2018.

Zain, O. M., Jan, M. T., & Ibrahim, A. B. (2013). Factors influencing students’ decisions in choosing private institutions of higher education in Malaysia: a structural equation modelling approach. Asian Academy of Management Journal, 18(1), 75-90.

Published
2020-12-26