PENGARUH KONSELING BEHAVIORAL TEKNIK MODELLING TERHADAP NEED OF DEFERENCE DITINJAU DARI STATUS ANAK DALAM KELUARGA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh konseling behavioral teknik modelling terhadap need of deference ditinjau dari status anak dalam keluarga. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen, subjek penelitian adalah siswa kelas XI SMA Laboratorium Undiksha yang dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data penelitian dikumpulkan menggunakan kuesioner dan dianalisis menggunakan anava dua jalur dan t-scheffe. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan need of deference antara siswa yang berstatus anak sulung dengan anak bungsu (F=9.961;p<0,05),(2) terdapat perbedaan need of deference antara siswa dengan status anak sulung dan anak bungsu setelah mengikuti teknik modeling (t=6.735; ?<2.048).
References
Adawiyah, Robiatul. 2012. Pengembangan Model Konseling Behaviour dengan Teknik Modeling Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa SMPN 4 Wanasari Brebes. Jurnal Bimbingan Konseling. Semarang: UniversitasNegeri Semarang.
Corey., Gerald 2003. Teori dan praktek konseling dan psikoterapi. Bandung : PT. Refika Aditama.
Ferara, Ronald J. 1996. The Edwards Personal Preference Schedule as a Predictor of Success in a Collegiate Professional Pilot Training Program. Journal of Aviation/ Aerospace Education & Research. Vol. 6.
Gunarsa, Singgih. 2004. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta: BPK.Gunung Mulia
Hall, S Calvin & Gardner Lindzey. 1970. Theories of Personality. Second Edition. New York: John Wiley & Sons, Inc.
Hurlock, E B. 1990. Perkembangan Anak. Jilid 2 Edisi Keenam. Jakarta: Erlangga.
Komalasari, Gantika, dkk. 2011. Teori dan Teknik Konseling. Jakarta: PT. Indek.
Nurfiria, Dasita. 2013. Efektivitas teknik modelling simbolis untukmeningkatkan penerimaan diri siswa SMA N 1 Plemahan Kabupaten Kediri. Skripsi. (Tidak Diterbitkan). JurusanBimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu PendidikanUniversitas Negeri Malang.
Oxford Learner’s Pocket Dictionary. Four Edition. 2008. University Press
Sopya Yanti, Putu Ayu. Ni Ketut Suarni dan Made Setuti. 2013. Penerapan Model Konseling Behavioral Teknik Modeling Untuk Mengembangkan Sikap Empati SiswaKelas XC UPWSMKN 1 Singaraja. Singaraja: Jurusan Bimbingan Konseling FIP Universitas Pendidikan Ganesha. https://ejournal.undiksha.ac.id
Suarni, Ni Ketut. 2014. Metode Pengembangan Intelektual. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sujanto, Agus dkk. 2008. Psikologi Kepribadian. Jakarta: Bumi Aksara.
Suranata, Kadek. 2010. Panduan Praktik Wawancara Konseling. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Copyright (c) 2021 Rofi’ud Darojatin Nisaa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1) Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
2) Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
3) Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.