PENGARUH KONSELING BEHAVIORAL TEKNIK MODELLING TERHADAP NEED OF DEFERENCE DITINJAU DARI STATUS ANAK DALAM KELUARGA

  • Rofi’ud Darojatin Nisaa Universitas Panji Sakti Singaraja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh konseling behavioral teknik modelling terhadap need of deference ditinjau dari status anak dalam keluarga. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen, subjek penelitian adalah siswa kelas XI SMA Laboratorium Undiksha yang dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data penelitian dikumpulkan menggunakan kuesioner dan dianalisis menggunakan anava dua jalur dan t-scheffe. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan need of deference antara siswa yang berstatus anak sulung dengan anak bungsu (F=9.961;p<0,05),(2) terdapat perbedaan need of deference antara siswa dengan status anak sulung dan anak bungsu setelah mengikuti teknik modeling (t=6.735; ?<2.048).

References

Adawiyah, Robiatul. 2012. Pengembangan Model Konseling Behaviour dengan Teknik Modeling Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa SMPN 4 Wanasari Brebes. Jurnal Bimbingan Konseling. Semarang: UniversitasNegeri Semarang.

Corey., Gerald 2003. Teori dan praktek konseling dan psikoterapi. Bandung : PT. Refika Aditama.

Ferara, Ronald J. 1996. The Edwards Personal Preference Schedule as a Predictor of Success in a Collegiate Professional Pilot Training Program. Journal of Aviation/ Aerospace Education & Research. Vol. 6.

Gunarsa, Singgih. 2004. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta: BPK.Gunung Mulia

Hall, S Calvin & Gardner Lindzey. 1970. Theories of Personality. Second Edition. New York: John Wiley & Sons, Inc.

Hurlock, E B. 1990. Perkembangan Anak. Jilid 2 Edisi Keenam. Jakarta: Erlangga.

Komalasari, Gantika, dkk. 2011. Teori dan Teknik Konseling. Jakarta: PT. Indek.

Nurfiria, Dasita. 2013. Efektivitas teknik modelling simbolis untukmeningkatkan penerimaan diri siswa SMA N 1 Plemahan Kabupaten Kediri. Skripsi. (Tidak Diterbitkan). JurusanBimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu PendidikanUniversitas Negeri Malang.

Oxford Learner’s Pocket Dictionary. Four Edition. 2008. University Press

Sopya Yanti, Putu Ayu. Ni Ketut Suarni dan Made Setuti. 2013. Penerapan Model Konseling Behavioral Teknik Modeling Untuk Mengembangkan Sikap Empati SiswaKelas XC UPWSMKN 1 Singaraja. Singaraja: Jurusan Bimbingan Konseling FIP Universitas Pendidikan Ganesha. https://ejournal.undiksha.ac.id

Suarni, Ni Ketut. 2014. Metode Pengembangan Intelektual. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sujanto, Agus dkk. 2008. Psikologi Kepribadian. Jakarta: Bumi Aksara.

Suranata, Kadek. 2010. Panduan Praktik Wawancara Konseling. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Published
2021-06-12