EFEKTIVITAS KONSELING BEHAVIORAL TEKNIK ASERTIF DALAM MEMINIMALISIR PERILAKU AGRESIF
Aggressive Behavior, Behavioral Counseling, Assertive Techniques
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas konseling behavioral teknik asertif terhadap perilaku agresif siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasi Eksperimen dengan rancangan penelitian one group pretest-posttest design. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Lab Undiksha Tahun Pelajaran 2016/2017. Sampel dari penelitian ini adalah 20 orang siswa kelas VIII 1 dan VIII 2 SMP Lab Undiksha. Teknik pengambilan sampel yaitu purpossive sampling dan metode pengumpulan data dengan kuisioner perilaku agresif yang berjumlah 34 item. Data penelitian dianalisis menggunakan analisis statistik t-Test berpasangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat penurunan perilaku agresif terhadap siswa yang diberikan konseling behavioral teknik asertif. Hal ini dapat dilihat dari perbedaan Mean Rank pada pretest sebesar 156,6 dan posttest sebesar 96,8. Kemudian berdasarkan nilai probabilitas didapatkan thitung ? ttabel dengan taraf signifikansi 0,025 maka 62,94 ? 2,093 sehingga dapat disimpulkan H0 ditolak.
References
Chaplin.J.P. 2002. Kamus Lengkap Psikologi (Cetakan Keenam). Penerjemah: Kartiko,K. Jakarta : PT. Raja Grafika Persada
Dantes, Nyoman. 2012. Metode Penelitian. Yogjakarta: Penerbit Andi.
Hakulinen, C., Jokela, M., & Hintsanen, M. 2013. Serotonin Receptor 1B Genotype And Hostility, Anger And Aggressive Behavior Through The Lifespan. Finlandia: The Young Finns Study.
Kanfer, F.H. & Goldstein,A,P. 1986. Helping People Change. New York: Pergumon Press.
Kartono, K. 2000. Hygiene Mental. Jakarta: CV. Mandar Maju.
Khare Barbara. 2001. Perilaku Agresif. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Latipun. 2008. Psikologi Konseling. Malang: UMM Press.
Myers, D.G. 2010. Social Psyhology (9th Edition). New York: McGrw Hill.
Pihasniwati. 2008. Psikologi Konseling. Yogyakarta: Teras.
Prastika, N.D. 2005. Perbedaan Perilaku Agresif Remaja Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Extravert Dan Introvert. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.
Prayitno. 2004. Layanan Bimbingan Kelompok Dan Konseling Kelompok. Padang: Universitas Negeri Padang.
Sarfika, Afriyeni, Hermalinda, & Fernandes. 2020. Pemberian Rational-Emotive Behavior Therapy dan Assertive Training Sebagai Upaya Mengurangi Perilaku Agresif Pada Remaja Di Pauh Padang. Padang: Universitas Andalas
Sari, Indriansari, & Herliawati. 2015. Pengaruh Latihan Asertif Terhadap Penurunan Perilaku Agresif Pada Laki-Laki Usia Remaja Awal yang Bermain Game Online Jenis Agresi di SMP Negeri 2 OKU. Ogan Ilir: Universitas Sriwijaya
Surya, Moh. 1988. Dasar-Dasar Konseling Pendidikan (Konsep Dan Teori). Yogyakarta: Kota Kembang.
Yunalia, & Haryuni. 2020. Hubungan Antara Kemampuan Komunikasi Asertif Dengan Kejadian Perilaku Agresif Pada Remaja. Kediri: Universitas Kediri
Yusuf, Syamsu, & Juntika. 2005. Landasan Bimbingan Dan Konseling. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Copyright (c) 2021 Putu Abda Ursula

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1) Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
2) Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
3) Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.