EFEKTIVITAS REBT DALAM MENGATASI KECEMASAN ORANG TUA TERHADAP PROGRESS PERNIKAHAN ANAK

  • Dewi siti khulaifah SMAN 10
  • Yeni Karneli

Abstract

Pernikahan merupakan salah satu hal yang didambakan orang tua terhadap anaknya. Di sisi lain, persiapan menuju pernikahan seringkali memunculkan pemikiran irasional yang menyebabkan kecemasan bagi para orang tua. Kecemasan sendiri merupakan respon terhadap situasi tertentu yang mengancam dan hal yang normal terjadi menyertai perkembangan, perubahan, pengalaman baru atau yang belum pernah dilakukan serta dalam menemukan identitas diri dalam hidup. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis efektivitas REBT (Rational Emotive Behavioural Therapy) dalam mengatasi kecemasan orang tua terhadap progress pernikahan anak perempuannya. Metode yang digunakan berupa pendekatan REBT dengan teknik kognitif. Subyek penelitian adalah seorang ibu yang memiliki kecemasan berlebihan terhadap anak perempuannya yang hendak menikah. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan konseling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa REBT mampu menurunkan tingkat kecemasan orang tua terhadap progress pernikahan anak perempuannya.

References

Corey G. 2005. Teori dan Praktik Konseling dan Psikoterapi. Bandung (ID): Refika Aditama.

Davison GC, Neale JM, Kring AM. 2006. Psikologi Anbormal Edisi ke-9. Jakarta (ID): Raja Grafindo Persada.

Erlina N dan Sari DN. 2016. Pengaruh pendekatan REBT terhadap peningkatan kecerdasan emosional pada peserta didik kelas VIII SMPN 6 Lampung tahun ajaran 2015/2016. Jurnal Bimbingan dan Konseling. Vol. (3): 303-316.

Galdding ST. 2012. Konseling Profesi yang Menyeluruh. Jakarta (ID): PT Indeks.

Halgin, Richard P & Whitbourne, Susan K. 2012. Psikologi Abnormal Perspektif Klinis pada Gangguan Psikologis. Jakarta (ID): Salemba Humanika.

Hartati S dan Rahman IK. 2017. Konsep pendekatan REBT berbasis Islam untuk membangun perilaku etis siswa. Genta Mulia. Vol. (8): 13-26.

Hermawan A. 2015. Konseling Rational Emotive Behavioural Therapy Berbasis Islam untuk Meningkatkan Self-efficacy Perserta Didik di MTs. Nurul Huda Demak [tesis]. Yogyakarta (ID): UIN Sunan Kalijaga.

Kaplan HI, Sadock BJ, Grebb AM. 2010. Sinopsis Psikiatri Jilid 1. Tangerang (ID): Binarupa Aksara.

Sukardi DK. 2010. Pengantar Pelaksana Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Bandung (ID): Rineka Cipta.

Surya M. 2008. Dasar-dasar Konseling Pendidikan (Konsep dan Teori). Bandung (ID): Rineka Cipta.

Syah ME. 2017. Rational Emotive Behavioural Therapy untuk menurunkan kecemasan korban bullying pada siswa SMA. Tajdidukasi. Vol (2): 2.

Winkel,WS. 2007. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Jakarta (ID): Grasindo.

Published
2022-06-28