EFEKTIVITAS REBT DALAM MENGATASI KECEMASAN ORANG TUA TERHADAP PROGRESS PERNIKAHAN ANAK
Abstract
Pernikahan merupakan salah satu hal yang didambakan orang tua terhadap anaknya. Di sisi lain, persiapan menuju pernikahan seringkali memunculkan pemikiran irasional yang menyebabkan kecemasan bagi para orang tua. Kecemasan sendiri merupakan respon terhadap situasi tertentu yang mengancam dan hal yang normal terjadi menyertai perkembangan, perubahan, pengalaman baru atau yang belum pernah dilakukan serta dalam menemukan identitas diri dalam hidup. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis efektivitas REBT (Rational Emotive Behavioural Therapy) dalam mengatasi kecemasan orang tua terhadap progress pernikahan anak perempuannya. Metode yang digunakan berupa pendekatan REBT dengan teknik kognitif. Subyek penelitian adalah seorang ibu yang memiliki kecemasan berlebihan terhadap anak perempuannya yang hendak menikah. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan konseling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa REBT mampu menurunkan tingkat kecemasan orang tua terhadap progress pernikahan anak perempuannya.
References
Corey G. 2005. Teori dan Praktik Konseling dan Psikoterapi. Bandung (ID): Refika Aditama.
Davison GC, Neale JM, Kring AM. 2006. Psikologi Anbormal Edisi ke-9. Jakarta (ID): Raja Grafindo Persada.
Erlina N dan Sari DN. 2016. Pengaruh pendekatan REBT terhadap peningkatan kecerdasan emosional pada peserta didik kelas VIII SMPN 6 Lampung tahun ajaran 2015/2016. Jurnal Bimbingan dan Konseling. Vol. (3): 303-316.
Galdding ST. 2012. Konseling Profesi yang Menyeluruh. Jakarta (ID): PT Indeks.
Halgin, Richard P & Whitbourne, Susan K. 2012. Psikologi Abnormal Perspektif Klinis pada Gangguan Psikologis. Jakarta (ID): Salemba Humanika.
Hartati S dan Rahman IK. 2017. Konsep pendekatan REBT berbasis Islam untuk membangun perilaku etis siswa. Genta Mulia. Vol. (8): 13-26.
Hermawan A. 2015. Konseling Rational Emotive Behavioural Therapy Berbasis Islam untuk Meningkatkan Self-efficacy Perserta Didik di MTs. Nurul Huda Demak [tesis]. Yogyakarta (ID): UIN Sunan Kalijaga.
Kaplan HI, Sadock BJ, Grebb AM. 2010. Sinopsis Psikiatri Jilid 1. Tangerang (ID): Binarupa Aksara.
Sukardi DK. 2010. Pengantar Pelaksana Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Bandung (ID): Rineka Cipta.
Surya M. 2008. Dasar-dasar Konseling Pendidikan (Konsep dan Teori). Bandung (ID): Rineka Cipta.
Syah ME. 2017. Rational Emotive Behavioural Therapy untuk menurunkan kecemasan korban bullying pada siswa SMA. Tajdidukasi. Vol (2): 2.
Winkel,WS. 2007. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Jakarta (ID): Grasindo.
Copyright (c) 2022 Dewi siti khulaifah, Yeni Karneli
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1) Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
2) Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
3) Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.