HUBUNGAN COPING STRES DAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN STRES AKADEMIK PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH
Abstract
Penelitian ini membahas mengenai hubungan antara coping stress dan dukungan sosial dengan stres akademik pada pembelajaran jarak jauh siswa kelas X SMA Negeri se-Kecamatan Ngaliyan Semarang. Tujuan pada penelitian ini yakni untuk mengetahui hubungan antar variabel dan memperoleh informasi tingkat masing-masing variabel dengan sampel sebanyak 255 siswa. Metode dalam penelitian ini adalah kuantitatif berjenis ex-post facto. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa tingkat coping stress siswa kelas X SMA Negeri se-Kecamatan Ngaliyan Semarang pada kategori rendah (M=2,56), tingkat dukungan sosial tinggi (M=3,04), serta tingkat stress akademik pada pembelajaran jarak jauh tinggi (M=2,67). Hasil dari analisis regresi ganda menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang negatif dan signifikan yakni antara coping stress dengan stress akademik pada pembelajaran jarak jauh siswa (t=-10,854, ?=-0,646, p=<0,05), dukungan sosial tidak terdapat hubungan yang signifikan dengan stres akademik pada pembelajaran jarak jauh siswa (t=-0,908, ?=-0,054, p=>0,05), dan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara coping stress dan dukungan sosial secara simultan terhadap stres akademik pada pembelajaran jarak jauh siswa (R= 0,681; R²= 0,464; F=109,083, p=<0,05). Berlandaskan hasil penelitian, diharapkan guru BK dapat memberi layanan bimbingan dan konseling untuk dapat menurunkan tingkat stres akademik siswa baik secara individu maupun kelompok, meningkatkan tingkat coping stress siswa serta layanan untuk mempertahankan tingkat dukungan sosial siswa
References
As Sururi & Muslikah. (2020). Hubungan Dukungan Sosial Teman Sebaya Dan Aktualisasi Diri Dengan Harga Diri Remaja Panti Asuhan Di Purbalingga. Jurnal Empati Bimbingan dan Konseling. 7 (1), 36-42.
Basilaia, G., & Kvavadze, D. (2020). Transition to Online Education in Schools during a SARS-CoV-2 Coronavirus (COVID-19) Pandemic in Georgia.
Desmita. (2010). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Gunawan, G., Suranti, N. M. Y., & Fathoroni, F. (2020). Variations of Models and Learning Platforms for Prospective Teachers During the COVID-19 Pandemic Period. Indonesian Journal of Teacher Education, 1(2), 61-70.
Hasan, A. B. (2012). Disiplin Beribadah: Alat Penenang Ketika Dukungan Sosial Tidak Membantu Stres Akademik. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora.
Hasan, N., & Rufaidah, E. R. (2013). Hubungan antara dukungan sosial dengan strategi coping pada penderita stroke RSUD Dr. Moewardi Surakarta. TALENTA, 2(1), 41-62.
Inayatillah, V. 2015. Hubungan antara adversity question dengan kecenderungan stres dalam menyelesaikan tugas akhir (skripsi) pada mahasiswa (Doctoral dissertation, STIKES’Aisyiyah Yogyakarta).
Kadapatti, M., & Vijayalaxmi, A. (2012). Stressor of academic stress- a study on Pre-university students. Indian J.Sci.Res., 1(3), 171–175.
Naviska, Nadia. (2012). Gambaran Mekanisme Koping Siswa Kelas 3 SMA di SMAN 1 Purwakarta Tahun Ajaran 2011/2012 Menjelang ujian Nasional. Skripsi, Universitas Indonesia.
Ningrum, D. W. (2011). Hubungan optimisme dan coping stress pada mahasiswa UEU yang sedang menyusun skripsi. Jurnal Psikologi. 9(1), 41-47.
Nurfitriana. (2014). Strategi Coping Stress Siswa terhadap Tugas Seolah di SMK Farmasi Yamasi Makassar. Skripsi, Universitas Hasanuddin.
Prayascitta, P. (2010). Hubungan antara coping stress dan dukungan sosial dengan motivasi belajar remaja yang orangtuanya bercerai. Skripsi, Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Rahmawati, D. D. 2012. PengaruhSel-Efficacy terhadap Stres Akademik pada Siswa Kelas 1 Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) di SMP Negeri 1 Medan.
Rizky, E., Zulharman., & Risma, D. (2014). Hubungan efikasi diri dengan coping stress pada mahasiswa angkatan 2012 Fakultas Kedokteran Universitas Riau. JOM FK. 1(2), 1-8.
Sakti, E. D. D. (2015). Hubungan antara dukungan sosial dengan coping stress pada siswa akselerasi. Naskah Publikasi. Falkutas Psikologi, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Sarafino, E. P., & Smith, T. W. (2012). Health psychology: biopsychosocial interactions, 7th/ed. John Wiley & Sons, Inc.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&G. Bandung: Alfabeta
Yudiati, E. A., & Rahayu, E. (2017). Coping stress dan kecemasan pada orang-orang pengidap hiv/aids yang menjalani tes darah dan VCT (Voluntary Counseling Testing). Semarang: Prosiding Temu Ilmiah X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia.
Zhu, X., & Liu, J. (2020). Education in and After Covid-19?: Immediate Responses and LongTerm Visions.
Copyright (c) 2021 Diana Lilik Kusumawati Dewi, Muslikah Muslikah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1) Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
2) Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
3) Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.