HUBUNGAN COPING STRES DAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN STRES AKADEMIK PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH

  • Diana Lilik Kusumawati Dewi Universitas Negeri Semarang
  • Muslikah Muslikah Universitas Negeri Semarang

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai hubungan antara coping stress dan dukungan sosial dengan stres akademik pada pembelajaran jarak jauh siswa kelas X SMA Negeri se-Kecamatan Ngaliyan Semarang. Tujuan pada penelitian ini yakni untuk mengetahui hubungan antar variabel dan memperoleh informasi tingkat masing-masing variabel dengan sampel sebanyak 255 siswa.  Metode  dalam penelitian ini adalah kuantitatif berjenis ex-post facto. Hasil  analisis deskriptif menunjukkan bahwa tingkat coping stress siswa kelas X SMA Negeri se-Kecamatan Ngaliyan Semarang pada kategori rendah (M=2,56), tingkat dukungan sosial tinggi (M=3,04), serta tingkat stress akademik pada pembelajaran jarak jauh tinggi (M=2,67). Hasil dari analisis regresi ganda menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang negatif dan signifikan yakni antara coping stress dengan stress akademik pada pembelajaran jarak jauh siswa (t=-10,854, ?=-0,646, p=<0,05), dukungan sosial tidak terdapat hubungan yang signifikan dengan stres akademik pada pembelajaran jarak jauh siswa (t=-0,908, ?=-0,054, p=>0,05), dan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara coping stress dan dukungan sosial secara simultan terhadap stres akademik pada pembelajaran jarak jauh siswa (R= 0,681; R²= 0,464; F=109,083, p=<0,05). Berlandaskan hasil penelitian, diharapkan guru BK dapat memberi layanan bimbingan dan konseling untuk dapat menurunkan tingkat stres akademik siswa baik secara individu maupun kelompok, meningkatkan tingkat coping stress siswa serta layanan untuk mempertahankan tingkat dukungan sosial siswa

References

As Sururi & Muslikah. (2020). Hubungan Dukungan Sosial Teman Sebaya Dan Aktualisasi Diri Dengan Harga Diri Remaja Panti Asuhan Di Purbalingga. Jurnal Empati Bimbingan dan Konseling. 7 (1), 36-42.

Basilaia, G., & Kvavadze, D. (2020). Transition to Online Education in Schools during a SARS-CoV-2 Coronavirus (COVID-19) Pandemic in Georgia.

Desmita. (2010). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Gunawan, G., Suranti, N. M. Y., & Fathoroni, F. (2020). Variations of Models and Learning Platforms for Prospective Teachers During the COVID-19 Pandemic Period. Indonesian Journal of Teacher Education, 1(2), 61-70.

Hasan, A. B. (2012). Disiplin Beribadah: Alat Penenang Ketika Dukungan Sosial Tidak Membantu Stres Akademik. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora.

Hasan, N., & Rufaidah, E. R. (2013). Hubungan antara dukungan sosial dengan strategi coping pada penderita stroke RSUD Dr. Moewardi Surakarta. TALENTA, 2(1), 41-62.

Inayatillah, V. 2015. Hubungan antara adversity question dengan kecenderungan stres dalam menyelesaikan tugas akhir (skripsi) pada mahasiswa (Doctoral dissertation, STIKES’Aisyiyah Yogyakarta).

Kadapatti, M., & Vijayalaxmi, A. (2012). Stressor of academic stress- a study on Pre-university students. Indian J.Sci.Res., 1(3), 171–175.

Naviska, Nadia. (2012). Gambaran Mekanisme Koping Siswa Kelas 3 SMA di SMAN 1 Purwakarta Tahun Ajaran 2011/2012 Menjelang ujian Nasional. Skripsi, Universitas Indonesia.

Ningrum, D. W. (2011). Hubungan optimisme dan coping stress pada mahasiswa UEU yang sedang menyusun skripsi. Jurnal Psikologi. 9(1), 41-47.

Nurfitriana. (2014). Strategi Coping Stress Siswa terhadap Tugas Seolah di SMK Farmasi Yamasi Makassar. Skripsi, Universitas Hasanuddin.

Prayascitta, P. (2010). Hubungan antara coping stress dan dukungan sosial dengan motivasi belajar remaja yang orangtuanya bercerai. Skripsi, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Rahmawati, D. D. 2012. PengaruhSel-Efficacy terhadap Stres Akademik pada Siswa Kelas 1 Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) di SMP Negeri 1 Medan.

Rizky, E., Zulharman., & Risma, D. (2014). Hubungan efikasi diri dengan coping stress pada mahasiswa angkatan 2012 Fakultas Kedokteran Universitas Riau. JOM FK. 1(2), 1-8.

Sakti, E. D. D. (2015). Hubungan antara dukungan sosial dengan coping stress pada siswa akselerasi. Naskah Publikasi. Falkutas Psikologi, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Sarafino, E. P., & Smith, T. W. (2012). Health psychology: biopsychosocial interactions, 7th/ed. John Wiley & Sons, Inc.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&G. Bandung: Alfabeta

Yudiati, E. A., & Rahayu, E. (2017). Coping stress dan kecemasan pada orang-orang pengidap hiv/aids yang menjalani tes darah dan VCT (Voluntary Counseling Testing). Semarang: Prosiding Temu Ilmiah X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia.

Zhu, X., & Liu, J. (2020). Education in and After Covid-19?: Immediate Responses and LongTerm Visions.

Published
2021-12-28