PENGARUH KONSELING INDIVIDUAL BEHAVIOUR KONTRAK PERILAKU UNTUK MENGATASI KECANDUAN GAME ONLINE PADA REMAJA
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengatasi kecanduan game online yang terjadi pada remaja dengan menggunakan konseling individual behaviour kontrak perilaku. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode analisis data kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi dan wawancara. Menurut World Health Organization mendefinisikan kecanduan game online sebagai gangguan mental yang dimasukkan ke dalam International Classification of Diseases (ICD-11). Pengertian Behaviour yang digunakanan dalam penelitian ini adalah konseling individual. Dengan pendekatan konseling behaviour ialah konseling tingkah laku yang merupakan pelaksanaan aneka macam teknik dan prosedur yang berakar dari bermacam teori tentang belajar. Sedangkan teknik kontrak perilaku merupakan persetujuan antara 2 orang ataupun lebih ( konselor dan konseli) dalam merubah perilaku tertentu dalam diri konseli. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah individu mampu untuk membuat kontrak perilaku yang telah disepakatai antara kedua belah pihak serta telah melaksanakan kontrak perilaku tersebut dan hasil nya individu dapat mengatasi masalah kecanduan game online yang sedang alami.
References
Abdi, S., & Karneli, Y. (2020). Kecanduan Game Online: Penanganannya dalam Konseling Individual. Guidance, 17(02), 9–20. https://doi.org/10.34005/guidance.v17i02.1166
Adiningtiyas, S. (2017). Peran Guru dalam Mengatasi Kecanduan Game Online (The role of teacher in overcoming addiction to online games). Jurnal KOPASTA, 4(1), 28–40. www.journal.unrika.ac.idJurnalKOPASTA
Anggraini, V., & Karneli, Y. (2021). Konseling Individual Menggunakan Teknik Parenting untuk Membangun Karakter Siswa. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 935–942. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.456
Febriandari, D., Nauli, F. A., & Rahmalia, S. (2016). Hubungan Kecanduan Bermain Game Online terhadap Identitas Diri Remaja. Jurnal Keperawtan Jiwa, 4(1), 50–56.
Gunti, E. (2020). Eksperimentasi Konseling Individu dengan Teknik Behavior Contract Untuk Mengurangi Durasi Bermain Online Game Pada Peserta Didik Kelas XI Di SMP Perintis 2 Bandar Lampung.
Pande, N. P. A. M., & Marheni, A. (2015). Hubungan Kecanduan Gameonlinedengan Prestasi Belajar Siswa Smp Negeri 1 Kuta. Jurnal Psikologi Udayana, 2(2), 163–171. https://doi.org/10.24843/jpu.2015.v02.i02.p05
Putra, B. B. (2021). Pengaruh Game Online Bagi Remaja Terhadap Perilaku dan Pergaulan Sehari- hari. http://dx.doi.org/10.31219/osf.io/rpyje
Rischa Pramudia Trisnani, S. Y. W. (2018). Peran Konselor Sebaya Untuk Mereduksi Kecanduan Game Online Pada Anak Peer. Dialektika Masyarakat : Jurnal Sosiolog, 13(02), 1689–1699.
Copyright (c) 2022 Duwi Sitoresmi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1) Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
2) Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
3) Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.