DINAMIKA PSYCHOSOCIAL MATURITY PADA SISWA GLOSSOPHOBIA : STUDI KUALITATIF

  • Ajeng Intan Nur Rahmawati Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Laily Tiarani Soejanto Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
Keywords: psychosocial maturity, glossophobia, kecemasan, keterampilan interpersonal, penelitian kualitatif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan bahwa glossophobia memiliki pengaruh kepada psychosocial maturity. Penelitian ini merupakan penelitian yang berfokus menganalisis glosshophobia dengan psychosocial maturity. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara dengan menggunakan metode kualitatif. Penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan kriteria khusus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seseorang dengan glossophobia akan mengalami kecenderungan penurunan kematangan psikososial (psychososial maturity) yakni pada aspek kemampuan diri, kemampuan interpersonal dan kemampuan sosial. Penting bagi individu untuk meningkatkan pengelolaan diri terutama pada aspek kemampuan interpersonal dan kemampuan sosial. Meminimalisir pemikiran negatif akan dapat membantu individu untuk bertahan pada segala kegagalan sehingga tidak menganggu performansi diri, akademik, belajar dan sosial.

References

Buhrmester, D., Furman, W., Wittenberg, M. T., & Reis, H. T. (1988). Five domains of interpersonal competence in peer relationships. Journal of Personality and Social Psychology, 55(6), 991–1008. https://doi.org/10.1037/0022-3514.55.6.991

Edyati, N. I., & Anni, C. T. (2015). Pengaruh Komunikasi Interpersonal, Motivasi Berprestasi, Dan Lingkungan Sosial Terhadap Perilaku Profesional Konselor. Indonesian Journal of Guidance and Counseling?: Theory and Application, 4(2), 37–42. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jbk

Elliot, A. J., Dweck, C. S., & Yeager, D. S. (2017). Handbook of Competence and Motivation (2nd Ed). The Guilford Press.

Elmansyah, T., Sutoyo, A., & Suwarjo. (2014). Model Konseling Teman Sebaya Berbasis Humanistik Untuk Mneingkatkan Keterampilan Interpersonal Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling, 3(2), 6.

Gardner, H. (1993). Frames of mind: a theory of multiple intelligences. Basic Books.

Gardner, H. (1995). Reflections on Multiple Intelligences: Myths and Messages. Phi Delta Kappan, 77(3), 200–209. https://doi.org/10.1002/ss.327

Goleman, D. (2010). Social Intelligence The New Science Human Relationships (pp. 23–34).

Greenberger, E., Josselson, R., Knerr, C., & Knerr, B. (1975). The measurement and structure of psychosocial maturity. Journal of Youth and Adolescence, 4(2), 127–143. https://doi.org/10.1007/BF01537437

Intan, A., Rahmawati, N., Ariffudin, I., & Mulawarman, M. (2018). Psychological Experience Dynamics of Students with Glossophobia through Narrative Counseling as seen from Gender?: A Qualitative Study. 133, 141–145. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.2991/acpch-17.2018.2

Khan, F., Ismail, S., Shafique, M. S., Ghous, K., & Ali, S. A. (2015). Glossophobia among Undergraduate Students of Government Medical Colleges in Karachi. International Journal of Research, 2(1), 109–115. http://edupediapublications.org/journals/index.php/ijr/article/view/1297

Mahoney, J. L., Cairns, B. D., & Farmer, T. W. (2003). Promoting interpersonal competence and educational success through extracurricular activity participation. Journal of Educational Psychology, 95(2), 409–418. https://doi.org/10.1037/0022-0663.95.2.409

Muryastuti, D. W., & Sugiharto, D. (2014). Kontribusi Kecerdasan Moral dan Kecerdasan Interpersonal Terhadap Kedisiplinan Mematuhi Tata Tertib Sekolah. Indonesian Journal of Guidance and Counseling?: Theory and Application, 3(4), 39–46.

Riggio, R. E. (1986). Assessment of Basic Social Skills. Journal of Personality and Social Psychology, 51(3), 649–660. https://doi.org/10.1037/0022-3514.51.3.649

Susanti, F., & Widodo, P. B. (2006). Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Kompetensi Interpersonal dengan Teman Sebaya pada Siswa SD (Studi Eksperimental pada Siswa Kelas 3 SDN Srondol Wetan 04-09 dan SDN Srondol Wetan 05-08). Jurnal Psikologi Undip, 8, 145–155.

Swenson, A. (2011). You make my heart beat faster?: A quantitative study of the relationship between instructor immediacy , classroom community , and public speaking anxiety. Journal of Undergraduate Research, XIV, 1–12.

Taufik. (2013). Pengembangan Kemampuan Interpersonal Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, XIII(1), 91–99.

Published
2022-12-31