HUBUNGAN ANTARA KEKUATAN OTOT LENGAN, PANJANG LENGAN DAN FLEKSIBILITAS PERGELANGAN TANGAN DENGAN KETETAPAN LONG SERVICE BULU TANGKIS ATLET PUTRA USIA 13-15 TAHUN PERSATUAN BULU TANGKIS (PB) NATURA SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN 2021

  • Muhammad Indra Legowo Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Arif Rohman Hakim Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Agustanico Dwi Muryadi Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
Keywords: Kekuatan Otot Lengan, Panjang Lengan, Fleksibilitas Pergelangan Tangan, Long Service, Bulu Tangkis

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk Mengetahui hubungan yang signifikan antara fleksibilitas pergelangan tangan dengan ketetapan Long Service bulu tangkis Atlet PB Natura Sleman Yogyakarta. 2) Untuk Mengetahui hubungan yang signifikan antara panjang lengan dengan ketetapan Long Service bulu tangkis Atlet PB Natura Sleman Yogyakarta tahun 2021. 3) Untuk Mengetahui hubungan yang signifikan antara kekuatan otot lengan dengan ketetapan Long Service bulu tangkis Atlet PB Natura Sleman Yogyakarta tahun 2021. 4) Untuk Mengetahui  hubungan yang signifikan antara fleksibilitas pergelangan tangan panjang lengan dan kekuatan otot lengan dengan ketetapan Long Service bulu tangkis Atlet PB Natura Sleman Yogyakarta tahun 2021. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan teknik pengumpulan data menggunakan tes dan pengukuran. Populasi penelitian adalah atlet putra peserta bulu tangkis di PB Natura Sleman yang berjumlah 25 atlet bulu tangkis berusia 13-15tahun yang diambil menggunakan teknik total sampling, sehingga disebut penelitian populasi. Dengan pengujian menggunakan uji regresi. Hasil penelitian ini 1) Tidak ada hubungan yang signifikan antara Fleksibilitas Pergelangan Tangan  dengan Ketetapan Long Service dalam permainan Bulu tangkis Pada Anak PB Natura Sleman Tahun 2021. 2) Ada hubungan yang signifikan antara Panjang lengan dengan Ketetapan  Long Service  dalam permainan Bulu tangkis Pada Anak PB Natura Sleman Tahun 2021. 3) Ada hubungan yang signifikan antara kekuatan otot lengan dengan Ketetapan Long Service dalam permainan Bulu tangkis Pada Anak PB Natura Sleman Tahun 2021 4) Ada  hubungan yang signifikan antara Fleksibilitas Pergelangan Tangan, Panjang Lengan, dan  Kekuatan Otot Lengan dengan Ketetapan Long Service dalam permainan Bulu tangkis Pada Anak PB Natura Sleman Tahun 2021.

References

Samsudin. 2008. Pembelajaran Motorik dan Perilaku Hidup Sehat. Jakarta: Prenada Media Group.

Slamet Riyanto. 2011. Identifikasi Administrasi Guru Pendidikan Jasmani SD/MI Se-Kecamatan Lendah Kabupaten Kulon Progo. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Keolahragaan. Universitas Negeri Yogyakarta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan Kombinasi. Bandung: Alfabeta.

_______. 2014. Metode penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

_______. 2016. Metode penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

_______. 2017. Metode penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.

Sukintaka. 2000. Tugas Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

_______. 2004. Teori Pendidikan Jasmani. Bandung: Penerbit Nuansa.

Suparlan. 2006. Guru Sebagai Profesi. Yogyakarta: Hikayat.

Titi Juliantine, Toto Subroto & Yunyun Yudiana. 2012. Belajar dan Pembelajaran Penjas. Bandung: FPOK UPI.

Fenanlampir, Albertus. 2015. Tes dan Pengukuran dalam Olahraga. Yogyakarta: CV Andi Offset

Grice. 2007. Bulu Tangkis Petuntuk Praktik Untuk Pemula Dan Lanjut. RajaGrafindo Persada: Jakarta

Holiludin Ahmad Agung. 2014 . Hasil Forehand backspin service Diikatkan Dengan Kekuatan Pergelangan Tangan, Koordinasi Mata-Tangan Dan Pada permainan Tenis Meja.

Komari, Amat. 2018. Tujuh Sasaran Semes Bulu Tangkis Edl,cet.1. Yogyakarta: UNY Pres

Margono. 2002 . Diktat Kuliah Atletik. Yogyakarta: FKIP UNY

Pekik Irianto Djoko. 2002. Dasar kepelatian. Yogyakarta: FKIP UNY

Subardjah, Herman. 2002 . Bulu Tangkis Solo: CV ‘‘Seti Aji’’ Surakarta

Sugiono. 2007. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Sutono. 2008. Manajemen Umum, Perpustakaan Komendibud: DKI JAKARTA

Yunis Bangun, Sabarudin. 2016. Peran Pendidikan Jasmani dan Olahraga PadaLembaga Pendidikan di Indoneisia. Medan: Universitas Negeri Medan.

Published
2022-07-30
How to Cite
Muhammad Indra Legowo, Arif Rohman Hakim, & Agustanico Dwi Muryadi. (2022). HUBUNGAN ANTARA KEKUATAN OTOT LENGAN, PANJANG LENGAN DAN FLEKSIBILITAS PERGELANGAN TANGAN DENGAN KETETAPAN LONG SERVICE BULU TANGKIS ATLET PUTRA USIA 13-15 TAHUN PERSATUAN BULU TANGKIS (PB) NATURA SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN 2021. JURNAL ILMIAH PENJAS (Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran), 8(2), 42-58. https://doi.org/10.36728/jip.v8i2.2042

Most read articles by the same author(s)