SURVEI PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI ADAPTIF DI SDLB C KABUPATEN SRAGEN TAHUN 2019/2020

  • Nur Alim Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Arif Rohman Hakim Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Karlina Dwijayanti Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
Abstract views: 69 , PDF downloads: 45
Keywords: Pembelajaran, Jasmani, Adaptif

Abstract

Penelitiam ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai pelaksanaan pembelajaran Pendidikan jasmani adaptif anak tuna grahita. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SDLB C Kabupaten Sragen yaitu: YPSLB C Gemolong, SLB B-C Bagaskara, SLB Negeri Sragen dari bulan Juli sampai Agustus 2020. Informan dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran Pendidikan jasmani adaptif, guru kelas, dan wali murid.

Pengumpulan data pada penelitian ini adalah mengunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Validasi data pada penelitian ini yaitu Triangulasi data yang terdiri dari triangulasi sumber, triangulasi Teknik, triangulasi waktu.

Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan pembelajaran tergolong baik, pembelajaran di lakukan sesuai dengan jenis ketunaan peserta didik, sedangkan fasilitas sarana dan prasarana dasar penunjang pembelajaran penjas adaptif untuk di SLB Negeri Sragen dan SLB B-C Bagaskara sudah cukup lengkap dan YPSLB Gemolong kurang lengkap. Pelaksanaan pembelajaran di SLB Negeri Sragen, SLB B-C Bagaskara dan YPSLB Gemolong sudah memisahkan pembelajaran berdasarkan jenis ketunaan peserta didik, Namun belum bisa maksimal daan kondusif karena guru mengalami kesulitan dalam mengenadalikan peserta didik. Untuk sarana dan prasarana di sekolah mayoritas sudah baik di SLB Negeri Sragen dan SLB B-C Bagaskara Sragen sudah memiliki fasilitas sarana dan prasarana penunjang pembelajaran penjas adaptif, sedangkan di YPSLB Gemolong sarana prasarana belum terlalu lengkap karena belum tersedia lapangan untuk bermain, olahraga dan upacara secara khusus dan terpisah, peralatan atletik juga belum lengkap sehingga agak susah untuk melaksanakan pembelajaran secara maksimal.

References

Atmaja, Jati Rinarki. 2019. Pendidikakan Dan Bimbingan Anak Berkebutuhaan Khusus. Bandung: Penerbit Remaja Rosdakarya.
Hakim, Arif Rohman. 2017. Memuliakan Anak Berkebutuhan Khusus Melalui Pendidikan Jasmani Adaptif. Jurnal Ilmiah PENJAS, ISSN: 2442-3874 Vol.3 No.1. Januari 2017.
_________________. 2017. Pendidikan Jasmani Adaptif. Surakarta: Universitas Tunas Pembangunan.
Kemis dan Ati Rosnawati. 2013. Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Tuna Grahita. Jakarta: Luxima Metro Media.
Melinda, Elly Sari. 2013. Pembelajaran Adaptif Anak Kebutuhan Khusus. Jakarta: Luxima Metro Media.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R& D, Bandung: Alfabeta.
Tarigan, Beltasar. 2013. Pendidikan Jasmani Adaptif. Bandung: UPI POK/PJKR.
_____________. 2016. Pendidikan Jasmani Adaptif. Bandung: UPI.
Yani dan Caryoto. 2013. Media Pembelajaran Adapif bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Luxima Metro Media.
Published
2021-02-01
How to Cite
Nur Alim, Arif Rohman Hakim, & Karlina Dwijayanti. (2021). SURVEI PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI ADAPTIF DI SDLB C KABUPATEN SRAGEN TAHUN 2019/2020. JURNAL ILMIAH PENJAS (Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran), 7(1), 1-11. https://doi.org/10.36728/jip.v7i1.1361

Most read articles by the same author(s)