Menarik Minat Pengunjung Pantai Petanahan Untuk Berolahraga Melalui Modifikasi Lapangan Olahraga

  • Rima Febrianti Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Karlina Dwijayanti Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
Abstract views: 27 , PDF downloads: 9
Keywords: Modifikasi Prasarana Olahraga, Minat Berolahraga

Abstract

Kabupaten Kebumen merupakan salah satu kabupaten yang ada di Jawa Tengah yang memiliki prestasi olahraga yang rendah,salah satu faktornya adalah kurangnya minat dan antusias masyarakat terhadap olahraga. Untuk itu diperlukan suatu usaha dalam meningkatkan minat masyarakat untuk berolahraga dengan membuatkan beberapa sarana olahraga yang dimodifikasi,seperti sarana bermain futsal,basket,dan voli. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dan menggunakan metode pendekatan kualitatif eksperimental dengan menggunakan desainĀ  one shot case study Design.Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara ,observasi dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis datanya menggunakan triangulasi data mulai dari reduksi data,penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian minat pengunjung pantai untuk berolahraga menggunakan prasarana modifikasi di pantai Petanahan, menyebarkan angket kepada 100 orang pengunjung dan melakukan wawancara dengan beberapa pengunjung dan masyarakat sekitar yang menjadi pedagang warung serta pengelola obyek wisata pantai Petanahan didapatkan hasil sebagian besar pengunjung pantai berminat melakukan olahraga menggunakan fasilitas prasarana modifikasi dengan prosentase 88,3% berminat,dan hasil wawancara juga menunjukan adanya dukungan dari masyarakat sekitar dan dari pengelola obyek wisata dengan adanya prasarana modifikasi tersebut.

References

Anas Sudjiono.(2010).Pengantar Statistik Pendidikan.Jakarta:Rajawali Press
Arias Jose L, Francisco M Argudo, Jose I Alonso.(2011). Review of Rule Modification On Sport.Journal Of Sports Science and Medicine.10 (1).
Arikunto,Suharsimi.(2013).Prosedur Penelitian Suatu Tindakan Praktik.Jakarta:Rineka Cipta
Farrow Damian, Tim Buszard, Machar Reid,R.Master.(2016).Using Modifications to Produce Emerging and Learning Performe in Sport. Research Quarterly for Exercise and Sport:Vol.87,Supplement.1.
Hambali, E.A,. (2013).Modifikasi Sarana Prasarana. Penebar Swadaya, Jakarta
Moleong ,(2004). Metodologi Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja
Pratama,BA.(2017).Meningkatkan Keterampilan Shooting Sepakbola Dengan Permainan Modifikasi.Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 2(1),48-58
Ricko Irawan.(2017).Studi Kelayakan Fasilitas Sarpras Olahraga Indoor di FIK UNNES.Jurnal Penjaskora.UNNES
Sugiyono.(2012).Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.Bandung: Alfabeta
Soepartono, 2000. Sarana dan Prasarana Olahraga. Jakarta. Depdiknas.
Walgito,Bimo.(2002).Psikologi Umum.Yogyakarta:Andi Ofsed.
Teguh Wicaksono.(2014).Pengaruh Modifikasi Permainan Bola Tangan Untuk Meningkatkan Minat Siswa dalam Mnengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani,Olahraga dan Kesehatan. Jurnal Olahraga dan Kesehatan. Vol 2 (2).
Published
2020-02-10
How to Cite
Rima Febrianti, & Karlina Dwijayanti. (2020). Menarik Minat Pengunjung Pantai Petanahan Untuk Berolahraga Melalui Modifikasi Lapangan Olahraga. JURNAL ILMIAH PENJAS (Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran), 6(1), 31-41. Retrieved from http://ejournal.utp.ac.id/index.php/JIP/article/view/1146