PERBEDAAN LATIHAN LOMPAT GAWANG BERTAHAP DAN LOMPAT GAWANG TETAP TERHADAP KEMAMPUAN LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK PADA SISWA PUTRA USIA 11 – 12 TAHUN DI MI MUHAMMADIYAH TINGGARJAYA BANYUMAS JAWA TENGAH 2021

  • Marwanto Ari Sujatmiko Universitas Tunas Pembangunan (UTP) Surakarta
  • Slamet Santoso Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Rima Febrianti Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
Keywords: Lompat gawang bertahap, Lompat gawang tetap, Lompat jauh gaya jongkok

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk megetahui perbedaan latihan lompat gawang bertahap dan lompat gawang tetap terhadap kemampuan lompat jauh gaya jongkok siswa putra usia 11-12 tahun di MI Muhammadiyah Tinggarjaya Banyumas Jawa Tengah 2021. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode Eksperimen pretest-posttest. Penelitian dilaksanakan dengan tes awal (pretest) dan diberikan perlakuan (treatment) dan diakhiri dengan tes akhir (posttest), dilaksanakan untuk mengetahui perbedaan lompat gawang bertahap dan lompat gawang tetap terhadap kemampuan lompat jauh gaya jongkok. Subjek penelitian adalah siswa putra usia 11-12 tahun di MI Muhammadiyah Tinggarjaya Jawa Tengah yang berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data adalah dilakukan tes pengukuran lompat jauh gaya jongkok dengan lompat jauh. Analisis data menggunakan uji prasyarat analisis data (uji normalitas dan uji homogenitas) dan uji perbedaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh perbedaan hasil latihan lompat gawang bertahap dan lompat gawang tetap terhadap kemampuan lompat jauh gaya jongkok pada siswa putra usia 11 – 12 tahun di MI Muhammadiyah Tinggarjaya Banyumas Jawa Tengah 2021, karena nilai t yang diperoleh sebesar 6,076 lebih besar dari t tabel 2,048 dan angka signifikan 0,000 < 0,05 sehingga ada perbedaan signifikan nilai tingkat kemampuan lompat jauh gaya jongkok antara kedua kelompok setelah diberikan perlakuan. Hal ini menunjukkan dari hasil analisis latihan lompat gawang bertahap dan lompat gawang tetap terhadap kemampuan lompat jauh gaya jongkok mempunyai perbedaan yang signifikan. Presentase rata – rata peningkatan latihan lompat gawang bertahap lebih baik pengaruhnya dari pada lompat gawang tetap, yaitu dengan lompat gawang bertahap peningkatan sebesar 17,5% dan latihan  lompat gawang tetap peningkatan sebesar 7,41%.

References

Kemenpora. Undang – undang. No.3. Tahun 2005. Sistem Keolahragaan Nasional. Jakarta : Kemenpora.

Kresnapati. Pandu. 2018. Perbedaan Latihan Weighted Squat dan Straddle Jump Terhadap Lompat Jauh Gaya Jongkok Mahasiswa PJKR UPGRIS Angkatan 2017. Vol 4. No.3.

Maksum. Ali. 2012. Metodologi Penelitian Dalam Olahraga. Surabaya : UNESA

Marzuki. Ismail. dkk. 2018. Hubungan Lari Sprint 100 Meter Terhadap Prestasi Lompat Jauh Pada Siswa Putra Kelas V SDK Larastuka 5 Tahun Pelajaran 2017/2018.

Nurkadri. 2019. Pengaruh Latihan Lompat Gawang dan Latihan Lompat Samping Terhadap Kemampuan Heading Bola Pada Permainan Sepakbola Ditinjau Dari Daya Ledak Otot Tungkai. Jurnal Pendidikan Kepelatiahan Olahraga. Vol 11. No 2.

Prasetyo. Koko. 2016. Penerapan Pendekatan Bermain untuk Meningkatkan Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Jongkok Pada Siswa Kelas 5 SD. Jurnal Scholaria. Vol 6. No. 3.

Sidik. Dikdik. Zafar. 2010. Mengajar dan Melatih Atletik. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta

Widoyoko. Eko. Putro. 2015. Teknik Penyususnan Instrumen Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Published
2021-07-29
How to Cite
Marwanto Ari Sujatmiko, Slamet Santoso, & Rima Febrianti. (2021). PERBEDAAN LATIHAN LOMPAT GAWANG BERTAHAP DAN LOMPAT GAWANG TETAP TERHADAP KEMAMPUAN LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK PADA SISWA PUTRA USIA 11 – 12 TAHUN DI MI MUHAMMADIYAH TINGGARJAYA BANYUMAS JAWA TENGAH 2021. JURNAL ILMIAH PENJAS (Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran), 7(2), 12-23. https://doi.org/10.36728/jip.v7i2.1630

Most read articles by the same author(s)