ANALISIS KEBUGARAN JASMANI SISWA PUTRA KELAS XI USIA 16-19 TAHUN DI SMA NEGRI 1 KEMUSU BOYOLALI TAHUN 2022

  • Agil Mursyid Bayu AJi Agil UNIVERSITAS TUNAS PEMBANGUNAN SURAKARTA
  • Arif Rohman Hakim Universitas Tunas Pembangunan Surakarta (UTP)
  • Sunjoyo Universitas Tunas Pembangunan Surakarta (UTP)

Abstract

 

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui tingkat kebugaran jasmani siswa kelas XI SMA N 1 Kemusu. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kebugaran jasmani (TKJI) untuk anak usia 16-19 Tahun. Teknik sampling yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah representative. Dengan demikian teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik sampling jenuh. Berdasarkan tabel diatas terlihat bahwa sebagian besar tingkat kebugaran jasmani siswa SMA N 1 Kemusu memiliki kategori “Sedang” dengan jumlah 19 siswa yang memiliki persentase 52%, yang kedua kategori “Kurang” dengan jumlah 12 siswa yang memiliki persentase 28%, lalu yang ketiga kategori “Baik” dengan jumlah 11 siswa yang memiliki persentase 26%, berikutnya yang keempat memiliki kategori “Kurang Sekali” dengan jumlah 1 siswa yang memiliki persentase 2%. Sedangkan kategori baik sekali dengan jumlah 0 siswa persentase 0%. Kesimpulannya tingkat kebugaran jasmani siswa SMA N 1 Kemusu dalam kategori sedang.

References

A. Jayul, & E. Irwanto. (2020). Model Pembelajaran Daring Sebagai Alternatif Proses Kegiatan Belajar Pendidikan Jasmani di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 6(2), 190–199. https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/jpkr/article/view/689

Huda, M. M., & Wisnu. (2016). Survei Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Kelas VII, VIII dan IX SMPN 5 Sidoarjo (Studi pada siswa Kelas VII, VIII dan IX SMP Negeri 5 Sidoarjo). Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 3(3), 696–701.

Ilyas, & Almunawar, A. (2020). PROFIL KEBUGARAN JASMANI SISWA EKSTRAKURIKULER BOLA VOLI. Jurnal Olahraga & Kesehatan Indonesia, 1(1), 37–45. https://jurnal.stokbinaguna.ac.id/index.php/jok

Kemendiknas. (2010). Tes kesegaran jasmani Indonesia. Jakarta: Pusat Pengembangan Kualitas Jasmani, 11–21.

Khusnul, K., & Mahmudah, S. (2017). Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Adaptif Bagi Peserta Didik Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Inklusif. Jurnal Pendidikan Khusus, 1–10.

Lengkana, A. S., & Muhtar, T. (2021). Pembelajaran Kebugaran Jasmani. CV Salam Insan Mulia.

Putra, R. M., & Andika Prabowo2, O. B. R. (2022). Tingkat Kebugaran Jasmani Pemain Sepakbola Pada Club Tiram Danau Usia16–19 TahunBengkulu Tengah. Sport Gymnatics: Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 3(2), 288–300. https://doi.org/10.33369/gymnastics

Rahayu, E. T. (2016). Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani: implementasi pada pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan.

Riyadi, A. L., Martiani, M., & Febrianti, M. (2021). Tingkat Kesegaran Jasmani Anak Putus Sekolah Usia 16-19 Tahun Pada Masa New Normal di Desa Kota Bani Kecamatan Putri Hijau Kabupaten Bengkulu Utara. Journal Of Dehasen …, 2(November), 22–26. https://jurnal.unived.ac.id/index.php/jder/article/view/1779%0Ahttps://jurnal.unived.ac.id/index.php/jder/article/download/1779/1274

Rosdiani, D. (2013). Perencanaan pembelajaran dalam pendidikan jasmani dan kesehatan. Bandung: Alfabeta, 23–83.

Shaqkra, N. D. (2023). SURVEY TINGKAT KESEGARAN JASMANI PADA SISWA PUTRI PESERTA EKSTRAKURIKULER BOLA BASKET SMA NEGERI SE-KECAMATAN KAPUAS. IKIP PGRI PONTIANAK.

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.

Published
2023-07-31
How to Cite
Agil, A. M. B. A., Arif Rohman Hakim, & Sunjoyo. (2023). ANALISIS KEBUGARAN JASMANI SISWA PUTRA KELAS XI USIA 16-19 TAHUN DI SMA NEGRI 1 KEMUSU BOYOLALI TAHUN 2022. JURNAL ILMIAH PENJAS (Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran), 9(2), 231-242. https://doi.org/10.36728/jip.v9i2.2201