UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR LAYUP BOLA BASKET MENGGUNAKAN ALAT BANTU PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS XI MIA 5 SMA NEGERI 1 SUKOHARJO

  • HAJAR DANARDONO
  • ALIF YOGA PRATAMA

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar lay up permainan bola basket menggunakan alat bantu pembelajaran pada peserta didik Kelas XI MIA 5 SMA Negeri 1 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2018/2019.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI MIA 5 yang berjumlah 33 peserta didik yang terdiri dari 15 peserta didik putra dan 18 peserta didik putri. Sumber data berasal dari peserta didik, guru, dan peneliti. Teknik pengumpulan data adalah dengan tes, observasi, wawancara, dokumentasi atau arsip berupa foto. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif komparatif dan teknik persentase. Prosedur penelitian adalah berupa siklus pembelajaran yang saling berkaitan.

Berdasarkan hasil analisis data diperoleh peningkatan hasil belajar sebagai berikut: pada prasiklus hasil belajar lay up permainan bola basket jumlah yang tuntas adalah 13 peserta didik (39,39 %) dan yang belum tuntas adalah 20 peserta didik (60,61 %). Pada siklus I hasil belajar lay up permainan bola basket jumlah yang tuntas adalah 22 peserta didik (66,67 %) dan yang belum tuntas adalah 11 peserta didik (33,33 %). Sedangkan pada siklus II hasil belajar lay up permainan bola basket jumlah yang tuntas adalah 28 peserta didik (84,85 %) dan yang belum tuntas adalah 5 peserta didik (15,15 %). Peningkatan terjadi pada siklus I dan siklus II. Hasil belajar lay up permainan bola basket telah mencapai target yang di tetapkan pada siklus II bahkan melebihi target, dengan demikian dapat di simpulkan bahwa: penggunaan alat bantu pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar lay up permainan bola basket pada peserta didik kelas XI MIA 5 SMA Negeri 1Sukoharjo Tahun Pelajaran 2018/2019.

Author Biographies

HAJAR DANARDONO
FKIP PJKR UTP SKA
ALIF YOGA PRATAMA
FKIP PJKR UTP SKA
Published
2019-01-02
How to Cite
DANARDONO, H., & PRATAMA, A. Y. (2019). UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR LAYUP BOLA BASKET MENGGUNAKAN ALAT BANTU PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS XI MIA 5 SMA NEGERI 1 SUKOHARJO. JURNAL ILMIAH PENJAS (Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran), 5(1). Retrieved from http://ejournal.utp.ac.id/index.php/JIP/article/view/798