UNSUR ESTETIKA PADA STRUKTUR KABEL DALAM BANGUNAN ARSITEKTUR MODEREN

  • DJOKO PRATIKTO

Abstract

Bicara tentang struktur dan konstruksi maka image yang ada di benak kita adalah terkait dengan kekuatan, kekokohan, tahan beban, gaya tarik, gaya tekan dan lain sebagainya. Namun kalau dikaji lebih dalam lagi, ada beberapa struktur yang mempunyai nilai estetika yang tinggi yang dapat menunjang keindahan suatu bangunan arsitektur, antara lain bangunan hightrise building ( mall, hotel, office), bangunan yang mempunyai bentang panjang, bangunan bandar udara, pelabuhan, terminal, bangunan jembatan bentang panjang dan lain sebagainya.

Kekokohan dan kekuatan yang ada pada struktur yang kadang-kadang membuat para arsitek/perencana bangunan lupa bahwa di balik kekokohan dan kekuatan dalam sistem struktur terkandung nilai-nilai estetika yang menunjang keindahan dalam penampilan arsitektur. Dengan demikian, kalau para arsitek jeli terhadap sistem struktur yang diterapkan dalam desain bangunan, maka akan dapat menimbulkan suatu keterpaduan antara kekokohan kekuatan dan keindahan bangunan Arsitektur.

Salah satu sistem struktur yang mempunyai nilai keindahan atau estetika tersebut adalah sistem struktur kabel. Kabel adalah suatu bahan dari baja atau bahan lainnya yang dapat digunakan sebagai salah satu unsur sistem struktur/konstruksi  bangunan karena sifatnya yang dapat menahan gaya tarik dan gaya tekan bila diregangkan.Kabel sebagai material konstruksi sudah dikenal sejak jaman Mesir kuno.Pada saat itu kabel dibuat dari serat alami.Pada abad pertengahan Leonardo da Vinci (1452 – 1519) sudah membuat sketsa gambar konstruksi jembatan dengan sistem kabel-kabel penahan girder jembatan.Sejak akhir abad ke-19, mulai digunakan kabel-kabel dari bahan metal besi/baja, di mana penggunaannya masih terbatas untuk konstruksi jembatan berbentang lebar. Tetapi kini para arsitek pun dapat menggunakan struktur kabel untuk menciptakan bangunan dengan ruangan dalam yang luas, dengan kesan ringan, anggun, dan transparan.

Melalui kajian yang dilakukan dalam penelitian beberapa tahun yang lalu tulisan ini dibuat dengan menambahkan materi dan bahasan disesuaikan dengan perkembangan desain arsitektur modern pada masa kini khususnya desain bangunan yang menggunakan sistem struktur kabel sebagai struktur utamanya.

Author Biography

DJOKO PRATIKTO
FT UTP SKA
Published
2015-06-21
How to Cite
PRATIKTO, D. (2015). UNSUR ESTETIKA PADA STRUKTUR KABEL DALAM BANGUNAN ARSITEKTUR MODEREN. Jurnal Teknik Sipil Dan Arsitektur, 17(21). Retrieved from http://ejournal.utp.ac.id/index.php/JTSA/article/view/404

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>