KONDISI DAN FUNGSI JALUR PEDESTRIAN JALAN JENDERAL SUDIRMAN KOTA SURAKARTA

  • DJUMIKO DJUMIKO

Abstract

Pejalan kaki sebagai istilah aktif adalah orang/ manusia yang bergerak atau berpindah dari suatu tempat titik tolak ke tempat tujuan tanpa menggunakan alat lain, kecuali mungkin penutup/ alas kaki dan tongkat yang tidak bersifat mekanis. Jadi jalur pejalan kaki/  pedestrian  adalah tempat atau jalur khusus bagi orang berjalan kaki,untuk menuju dari satu tempat ke tempat lain.  Jalur pedestrian  pada saat sekarang dapat berupa trotoar, pavement, sidewalk, pathway, plaza dan mall.

Penelitian ini mengambil lokasi di Jalan Jenderal sudirman kota Surakarta, yang berfungsi sebagai sumbu kosmologi kota Surakarta. Untuk mengetahui kondisi dan fungsi jalur pedestrian di jalan Jenderal Sudirman, dilakukan dengan metoda survey dan observasi lapangan, serta studi literature.

Dihasilkan bahwa  kondisi jalur pedestrian di Jalan Jenderal Sudirman, baik desain maupun kualitas material yang digunakan adalah baik,  perabot jalan yang ada berkondisi baik.  Jalur pedestrian di Jalan Jenderal sudirman dapat berfungsi sebagai fasilitas pejalan kaki, keindahan kota, media interaksi sosial, sarana konservasi, dan tempat bersantai.

Author Biography

DJUMIKO DJUMIKO
FT UTP SKA
Published
2014-06-19
How to Cite
DJUMIKO, D. (2014). KONDISI DAN FUNGSI JALUR PEDESTRIAN JALAN JENDERAL SUDIRMAN KOTA SURAKARTA. Jurnal Teknik Sipil Dan Arsitektur, 15(19). Retrieved from http://ejournal.utp.ac.id/index.php/JTSA/article/view/412

Most read articles by the same author(s)