PERBEDAAN PENGARUH MODEL LATIHAN LOMPAT DENGAN AWALAN DAN TANPA AWALAN TERHADAP KEMAMPUANLOMPAT JAUH PADAATLIT PUTRA USIA 12-14 TAHUN ATLETIK SUKOHARJO TAHUN 2018.(Study Eksperimen pada Atlit Putra Usia 12-14 Tahun Atletik Sukoharjo)

  • RONNY SURYO NARBITO

Abstract

Pengaruh Model Latihan Lompat dengan awalan dan tanpa awalan Terhadap Kemampuan Lompat Jauh Pada Atlit Putra Usia 12-14 Tahun Atletik Sukoharjo Tahun 2018. Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan, Universitas Tunas Pembangunan Surakarta.

Permasalahan penelitian ini adalah apakah ada perbedaan latihan lompat jauh dengan awalan dan dengan tanpa awalan terhadap kemampuan lompat jauh, pada Atlit Putra Usia 12-14 Tahun Atletik Sukoharjo Tahun 2018 dan jika ada perbedaan maka manakah yang lebih baik antara latihan lompat jauh dengan awalan dan dengan tanpa awalan terhadap kemampuan lompat jauh. Tujuan penelitian untuk mengetahui perbedaan latihan lompat jauh dengan awalan dan dengan tanpa awalan terhadap kemampuan lompat jauh, dan jika ada perbedaan maka untuk mengetahui mana yang lebih baik antara latihan lompat jauh dengan awalan dan dengan tanpa awalan terhadap kemampuan lompat jauh pada Atlit Putra Usia 12-14 Tahun Atletik Sukoharjo Tahun 2018.

Sampel penelitian adalah Atlit Putra Usia 12-14 Tahundengan jumlah 30atlit. Pengambilan sampel menggunakan teknikTotal Sampling. Variabel penelitian ini yaitu latihan lompat jauh dengan awalan dan dengan tanpa awalan sebagai variabel bebas serta kemampuan lompat jauhvariabel terikat. Rancangan penelitian menggunakanpretest-posttest design. Tes untuk mengetahui kemampuan lompat jauhmenggunakantes lompat jauh gaya jongkok menggunakan petunjuk pelaksanaan tes lompat jauh (Persatuan Atletik Seluruh Indonesia, 1996: 142). Metode analisis data penelitian menggunakan rumus t-test yang diperhitungkan menggunakan rumus pendek.

Hasil analisis data maka simpulan diperoleh: (1) Adaperbedaanpengaruh yang signifikanantarametodedenganawalandantanpa awalanterhadap peningkatan lompat jauhpadaAtlit Putra Usia 12-14 Tahun Atletik Sukoharjo Tahun 2018. Hal inidibuktikandarihasilpenghitungantesakhirmasing-masingkelompokyaitu kelompok 1thitung= 5,5186 lebih besar dari pada ttabel= 2,145, kelompok 2thitung= 10,8085 lebih besar dari pada ttabel= 2,145dengantarafsignifikasi 5%. (2) Metode tanpa awalanlebihbaikpengaruhnyadaripadametodeawalanterhadap peningkatan lompat jauhpadaAtlit Putra Usia 12-14 Tahun Atletik Sukoharjo Tahun 2018. Berdasarkanpersentase peningkatan lompat jauhmenunjukkanbahwakelompok 1 (kelompok yang mendapatperlakuandenganmetodeawalan) adalah2,517% >kelompok 2 (kelompok yang mendapatperlakuanmetodetanpa awalan) adalah1,089%.

Author Biography

RONNY SURYO NARBITO
FKIP PKO UTP SKA
Published
2018-01-02
How to Cite
NARBITO, R. S. (2018). PERBEDAAN PENGARUH MODEL LATIHAN LOMPAT DENGAN AWALAN DAN TANPA AWALAN TERHADAP KEMAMPUANLOMPAT JAUH PADAATLIT PUTRA USIA 12-14 TAHUN ATLETIK SUKOHARJO TAHUN 2018.(Study Eksperimen pada Atlit Putra Usia 12-14 Tahun Atletik Sukoharjo). JURNAL ILMIAH PENJAS (Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran), 4(2). Retrieved from http://ejournal.utp.ac.id/index.php/JIP/article/view/694

Most read articles by the same author(s)

> >>