TIDAK BERFUNGSINYA JALUR LAMBAT PADA KORIDOR JL. IR SUKARNO SOLO BARU

  • DJOKO PRATIKTO

Abstract

Hasil Penelitian dengan judul Analisis Pertumbuhan dan Perkembangan Tata Bangunan pada Koridor Jl.Ir.Soekarno Solo Baru menemukan beberapa permasalahan yang timbul akibat pertumbuhan dan perkembangan tata bangunan di koridor Jl.Ir Soekarno Solo Baru diluar tata bangunan yang menjadi topik penelitian. Salah satu permasalahan tersebut adalah tidak berfungsinya jalur lambat pada  koridor Jl.Ir.Soekarno Solo Baru.

Jalur Jl.Ir.Soekarno yang dulu bernama Jl.Raya Solo Permai yang berada di kawasan kota Solo Baru didesain sedemikian rupa dengan tujuan untuk memberikan pelayanan kepada pengguna jalan yaitu para pengendara kendaraan dan arus lalu lintas kendaran agar berjalan secara teratur, lancar,tertib dan aman, dengan memisahkan kendaraan cepat atau kendaraan bermotor mempunyai jalur terpisah dengan jalur untuk kendaraan tidak bermotor. Namun dalam perkembangannya ( dari pengamatan pada penelitian ini) jalur lambat praktis tidak berfungsi akibat ketidak disiplinan para pemakai jalan, pemilik lahan/bangunan dengan memanfaatkan jalur lambat ini untuk kepentingan bisinisnya atau kepentingan pribadinya. Permasalahan yang lain dengan tidak berfungsinya jalur lambat ini mengundang para  pedagang kaki lama yang menjajakan dagangannya di jalur lambat ini.

Penelitian dengan judul Analisis Pertumbuhan dan Perkembangan Tata Bangunan pada Koridor Jl.Ir.Soekarno Solo Baru ini akan memberikan penyelesaian masalah yang terjadi baik yang terkait dengan tata bangunan maupun penyelesaian masalah yang terkait dengan jalur lambat ini.

Author Biography

DJOKO PRATIKTO
FT UTP SKA
Published
2014-06-19