KONSELING INDIVIDUAL DENGAN PENDEKATAN REALITAS UNTUK MENGURANGI PERILAKU KONSUMTIF (STUDI KASUS PADA SISWA SEKOLAH DI MEDAN)
Abstract
Situasi Pandemi Virus Covid-19 berdampak terhadap aktivitas kehidupan manusia, dimana individu biasa beraktivias di luar rumah dan kini dibatasi untuk beraktivitas di luar rumah. Dampaknya individu belum siap dan yang paling dikhawatirkan adalah efek jangka panjang. Akibat lain yang ditimbulkan adalah munculnya perilaku konsumtif. Perilaku konsumtif merupakan perilaku dimana timbulnya keinginan untuk membeli barang-barang yang kurang diperlukan untuk memenuhi kepuasan pribadi. Pandemi covid-19 membuat masyarakat cenderung lebih konsumtif, akibatnya mereka membeli barang di luar kewajaran dan kebutuhan atau lebih di dorong oleh faktor keinginan. Studi kasus ini bertujuan untuk membantu siswi mengurangi perilaku konsumtif melalui konseling individual dengan pendekatan realitas. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif melalui penelitian studi kasus (case study). Sasaran dalam studi kasus dengan judul konseling individual dengan pendekatan realitas untuk mengurangi perilaku konsumtif adalah seorang Siswa yang berada di Kota Medan. Teknik pengumpulan data adalah menggunakan observasi dan wawancara. Hasil yang diperoleh berupa kurangnya perilaku konsumtif mahasiswi melalui konseling individual dengan pendekatan realitas
References
Astutik, S. (2014). Pengantar bimbingan dan konseling. Surabaya: UIN Sunan Ampel Press.
Capuzzy, D & Gross, D.R. (2007). Theory and practice of counseling and psychotherapy: Theories and Intervention. Upper Saddle River, New Jersey: Perason Prentice-Hal
Corey, G. (2013). Theory and practice of counseling and psychotherapy (9th Edition). California: Books/Cole.
Corey,G. (2009). Theory and practice of counseling and psychotherapy. Belmont CA:Brooks/Cole
Daud, A. (2019). Penanganan masalah konselig melalui konseling realitas. Jurnal Al-Taujih Bingkai Bimbingan dan Konseling, 5 (1). Retrieved From https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/attaujih/article/view/757.
Estetika, M. (2017). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumtif siswa perempuan kelas xii Ips. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6 (6). Retrieved From http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/20352
Fardhani, P.R., & Izzati, U.A. (2013). Hubungan antara konformitas dan perilaku konsumtif pada remaja (Studi pada siswa kelas xi sma trimurti surabaya). Charakter: Jurnal Penelitian Psikologi, 1 (2). Retrieved From https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/1913
Glasser, W. (2000). Reality therapy in action. Jakarta: Rineka Cipta.
Hartono, & Soedarmadji, B. (2012). Psikologi konseling. Jakarta: Prenada Media Group.
Imawati, dkk. (2013). Pengaruh financial literacy terhadap perilaku konsumtif remaja pada program Ips sma negeri 1 surakarta tahun ajaran 2012/2013. JUPE UNS, 2 (1). Retrieved From https://media.neliti.com/media/publications/13531-ID-pengaruh-financial-literacy-terhadap-perilaku-konsumtif-remaja-pada-program-ips.pdf.
Kasih, A.P. (2020). Pakar unair: Pandemi covid-19 masyarakat cenderung lebih konsumtif. Kompas.com. Retrieved from https://edukasi.kompas.com/read/2020/07/17/161944571/pakar-unair-pandemi-covid-19-membuat-masyarakat-cenderung-lebih-konsumtif
Kotler, P., & Susanto. (2000). Manajemen pemasaran di indonesia. Jilid 1. Alih Bahasa Ancella A. Hermawan. Jakarta: Salemba Empat.
Lestari, N., dkk. (2017). Perilaku konsumtif dikalangan remaja. Jurnal Riset Tindakan Indonesia, 2 (2). Retrieved From http://jurnal.iicet.org/index.php/jrti
Lumongga, N. (2011). Memahami dasar-dasar konseling dalam teori dan praktik. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Maulana, R. (2013). Remaja dan perilaku konsumtif. Retrieved From http://sosbud.kompasiana.com/20 13/10/18/remaja-dan-prilakukonsumtif-599965.html
Nuraeni, H. G. (2013). Studi budaya di indonesia. Bandung: Pustaka Setia
Potabuga, Y.F. (2020). Pendekatan realitas dan solution focused brief therapy dalam bimbingan konseling islami. Al-Tazkiah, 9 (1). Retrieved from file:///C:/Users/user/AppData/Local/Temp/1833-Article Text-5389-2-10-20201024.pdf
Prayitno & Amti, E. (2004). Dasar-dasar bimbingan dan konseling edisi revisi. Jakarta: Rineka Cipta.
Rachmatunnisa. (2020). Survei Tokopedia. Detik.net. Retrieved from https://inet.detik.com/business/d-4872404/survei-tokopedia-dan-shopee-adu-kuat-mendominasi
Septiani, N. M. (2019). Pengaruh bimbingan dan konseling individu terhadap perilaku konsumtif remaja. Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam, 7 (2). Retrieved From https://jurnal.fdk.uinsgd.ac.id/index.php/irsyad/article/download/877/182.
Sukardi, D.K., & Kusmawati, N. (2008). Proses bimbingan dan konseling di sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Sumartono. (2002). Terperangkap dalam iklan: Meneropong imbas pesan iklan televisi. Bandung: Alfabeta.
Suyasa, P., & Fransisca. (2005). Perbandingan perilaku konsumtif berdasarkan metode pembayaran. Phronesis, 7 (2).
Tambunan, A.P. (2007). Menilai harga wajar salam (stock valuation). Jakarta: PT Elex Media.
Utami, T., Rosra, M., & Utaminingsih, D. (2020). Upaya mengurangi perilaku konsumtif melalui layanan konseling sebaya pada siswa. Jurnal Bimbingan Konseling (ALIBKIN), 8 (2). Retrieved From http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/ALIB/article/view/20409
Willis, S. S. (2013). Konseling individual, Teori dan praktek. Bandung: Alfabeta.
Wulandari, T., & Lubis, Z. (2018). Pengaruh konseling individual teknik self-control terhadap gaya hidup konsumtif pada siswa kelas xi sma harapan 1 medan T.A 2017/2018. Jurnal Psikologi Konseling, 12 (1). Retrieved From https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/Konseling/article/download/12185/11773
Copyright (c) 2021 Rahmadi Tarmizi, Yeni Karneli

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1) Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
2) Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
3) Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.