PENGARUH COPING STRESS TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA YANG SEDANG MENYUSUN SKRIPSI DI FKIP UHAMKA
Abstract
Mahasiswa memiliki tugas dan tanggung jawab dibidang akademik maupun non akademik. Tugas akademik seorang mahasiswa tidak lepas dari kewajibannya dalam menyelesaikan semua tugas perkuliahan. Pada kenyataannya, tidak semua mahasiswa dapat menyelesaikan tugas perkuliahan secara benar dan tepat waktu. Terdapat beberapa mahasiswa masih terlambat atau menunda-nunda mengumpulkan tugas, salah satunya dalam menyelesaikan tugas skripsi. Penundaan tugas ini disebut dengan prokrastinasi akademik. Mahasiswa yang menyusun skripsi akan mengalami beberapa gejala stres ringan. Dalam kondisi tersebut, setiap mahasiswa harus memiliki strategi dalam mengatasi stresnya. Strategi yang digunakan oleh individu dalam mengatasi stres disebut coping stress. Tujuan penelitian ini, yaitu untuk menemukan pengaruh coping stress terhadap prokrastinasi akademik pada mahasiswa BK yang sedang menyusun skripsi tahun ajaran 2020-2021, di kampus FKIP Uhamka. Populasi penelitian ini berjumlah 110 mahasiswa, dengan 53 mahasiswa terpilih sebagai sampel penelitian. Teknik sampling menggunakan simple random sampling melalui perhitungan sesuai dengan rumus Slovin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex post facto. Setelah data dianalisis melalui uji normalitas dan uji homogenitas, kemudian dilakukan uji hipotesis. Berdasarkan hasil perhitungan, diperoleh skor t senilai 26,388 dengan sig. sebesar 0,000. Dengan demikian, dapat dinyatakan bahwa H1 di terima. Coping stress memberikan pengaruh sebesar 26,38 % terhadap prokrastinasi akademik pada mahasiswa BK yang sedang menyusun skripsi. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh signifikan secara negative antara coping stress terhadap prokrastinasi akademik pada mahasiswa BK yang sedang menyusun skripsi. Maknanya adalah semakin rendah coping stress yang dimiliki akan semakin tinggi kecenderungan mahasiswa yang sedang menyusun skripsi untuk melakukan prokrastinasi akademik.
References
Atmoko. 2014. Landasan Sosial Budaya dan Psikologis Pendidikan: Terapannya di kelas. Malang: Gunung Samudera.
Basri, H. 2017. Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Ditinjau dari Religiusitas. Journal Bimbingan Konseling dan Dakwah Islam. Vol.14, No.2., hlm. 54 – 57.
Damri. 2017. Hubungan Self-Efficacy dan Prokrastinasi Akademik Mahasiswa dalam Menyelesaikan Tugas Perkuliahan. Jurnal Edukasi Jurnal Bimbingan Konseling. Halaman : 74 s.d 95.
Erika, A., Evany., Kangga. 2017. Studi Deskriptif mengenai Coping Stress pada Ibu yang Memiliki Anak dengan Autism Sebuah Penelitian di Sekolah “X” Bandung. Humanitas. Vol. 1 No.1 April 2017.
Ferrari, J., & Tice, D. 2000. Procrastination as a self-handicap for men and women: A task-avoidance strategy in a laboratory setting. Journal of Research in Personality. 34, 73–83.
Ghufron dan Rini, R. 2016. Teori-teori Psikologi. Jogjakarta : Ar-Ruzz Media.
Hanifah, H. 2015. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Fakultas Psikologi. Bandung: UIN Sunan Gunung Djati. Jurnal Ilmiah Psikologi. Vol.2, No.2., hlm. 123 – 132.
Juli. 2019. Strategi coping stress dalam mengatasi problema psikologis. Jurnal At-Taujih Bimbingan Dan Konseling Islam. Vol.2 no. 2 juli – desember 2019.
Kagan, M., Çak, O., Ilhan, T., & Kandemir, M. 2010. The explanation of the academic procrastination behaviour of university students with perfectionism, obsessive – compulsive and five factor personality traits. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 2, 2121–2125.
Mancini. 2008. Pocket Mentor Managing Time. Diterjemahkan oleh Sigit Purwanto. Jakarta: Erlangga
Mariyanti, S. 2012. Prokrastinasi (kebiasaan menunda tugas). Jakarta. Fakultas Psikologi Universitas Esa Unggul
Namora, L. 2016. Depresi Tinjauan Psikologis. Jakarta : Prenamedia Group.
Nindya, W. 2013. Strategi Coping Menghadapi Stres dalam Penyusunan Tugas Akhir Skripsi Pada Mahasiswa Program S1 Fakultas Ilmu Pendidikan. Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.
Nur, Indah. 2014. Hubungan antara Manajemen Waktu dengan Prokrastinasi Penyusunan Skripsi pada Mahasiswa. Naskah Publikasi. Universitas Muhammadiyah Surakarta: Fakultas Psikologi.
Regar Ursia, dkk. 2013. Prokrastinasi Akademik dan Self-Control pada Mahasiswa Skripsi Fakultas Psikologi Universitas Surabaya. Makara Seri Sosial Humaniora. Vol.17, No.1.
Rizki. 2014. Fatktor-faktor Penyebab Prokrastinasi Akademik dalam menyelesaikan Skripsi pada Aktivis Mahasiswa. Batchelor, Thesis. Universitas Muhammadiyah Purwokerto.
Taylor, S. 2006. Health Psychology sixth edition. New York: McGraw-Hill Education.
Wiari, U. 2016. Coping Stres Karyawan Dalam Menghadapi Stres Kerja. Prosiding KS : Riset & PKM. Vol.3 No: 2 hal : 155-291.
Zahri, T. N., Yusuf, A. M., & Neviyarni, S. (2017). Hubungan Gaya Belajar dan Keterampilan Belajar dengan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Konselor. 6(1), 18–23.
Copyright (c) 2022 Ulfa Afriyani Asmid, Yeni Karneli

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1) Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
2) Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
3) Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.